Upaya Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjahit Di TKN Pembina Muara Batu

Authors

  • Fauzah Fauzah Universitas Almuslim
  • Fauziatul Halim Universitas Almuslim

Keywords:

Keterampilan, Motorik Halus, Menjahit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menjahit pada kelompok B TKN Pembina Muara Batu. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan yang menjadi subjek penelitian yaitu 15 anak kelompok B di TKN Pembina Muara Batu. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Keberhasilan hasil tes akhir unjuk kerja anak yang tuntas di siklus I yaitu 7 anak dengan persentase 47% dan meningkat di siklus ke II anak yang tuntas mencapai 13 anak dengan persentase 87%. Setelah dihitung persentase maka keberhasilan tes akhir unjuk kerja anak siklus II dinyatakan behasil dikarenakan sesuai dengan kriteria indikator penelitian dikatakan berhasil apabila ≥80% dari jumlah anak mendapatkan nilai minimum berkembang sesuai dengan harapan pada akhir tindakan. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor persentase yaitu 75% taraf keberhasilan kriteria ”Baik”, dan meningkat di siklus ke II dengan skor 90% taraf keberhasilan kriteria ”Sangat Baik”. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 55% hasil tersebut menunjukkan taraf keberhasilan kriteria ”Cukup”, dan meningkat di siklus ke II menjadi 86% taraf keberhasilan kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian melalui kegiatan menjahit dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak pada kelompok B TKN Pembina Muara Batu Kabupaten Aceh Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Patoni, Dinamika Pendidikan Anak. Jakarta: PT. Bina Ilmu, 2004.

Y. Musthofa, EQ untuk Anak Usia Dini dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sketsa, 2007.

N. Jasmani; Safarati, “Penerapan Metode Picture And Picture Dengan Tema Binatang Untuk Meningkatkan Kemampuan Kgnitif Anak Usia Dini Kelompok B Di PAUD Al-Muslim Panggoi Kota Lhokseumawe,” JUPEGU-AUD, vol. 1, no. 1, pp. 34–38, 2020.

Fitriani and F. Halim, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Anak Kelompok A (4-5 Tahun) Di TK Tiara Kota Lhokseumawe,” JUPEGU-AUD, vol. 1, no. 1, p. 2020, 2020.

Yunmahlizar;Rahma, “Upaya Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Menggunting di TK Al-Musdar,” JUPEGU-AUD, vol. 1, no. 1, p. 1, 2020.

Samsudin, Pembelajaran Motorik di Taman kanak-Kanak. Jakarta: Litera, 2008.

A. Susanto, Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada Media., 2011.

Sumantri, Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas, 2005.

R. Arifah, “Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok A di TK ABA Khadijah Bangunjiwo Timur Kasihan Bantul,” Universitas Yogyakarta, 2014.

Depdiknas, Pedoman Pengembangan Fisik/Motorik di Taman Kanak- kanak. Jakarta, 20017.

Y. N. Sujiono, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks, 2009.

Darminta, Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka, 2001.

E. Y. Hutauruk, Keterampilan Umum Menjahit. Bogor: Indo Book Citra Media, 2008.

N. Hayati, N. Safarati, and Marnita, “Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Di Kelas X SMA Negeri 1 Kuala,” JEMAS J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 6–9, 2019.

W. dan D. D. Kusumah, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT INDEKS.

Downloads

Published

2020-09-29

How to Cite

Fauzah, F., & Fauziatul Halim. (2020). Upaya Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjahit Di TKN Pembina Muara Batu. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 1(2), 33–39. Retrieved from http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/58