Perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kolaborasi dan quantum teaching pada materi pajak siswa kelas VIII SMPN 1 Makmur

Penulis

  • Marwan Hamid Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen

Abstrak

Rendahnya hasil belajar siswa merupakan masalah yang mendasar di SMPN 1 Makmur , penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII ada materi pajak di SMPN 1 Makmur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian kuasi eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Makmur yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah keseluruhan 73 orang siswa. Sampel yang diambil hanya 2 kelas yaitu kelas VIII1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa dari masing-masing kelas 24 orang. Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata yang diajarkan kelas eksperimen 76,58, sedang dikelas kontrol 72,42. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dilihat dari nilai rata-rata ter akhir dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kolabolasi  lebih baik dari pada hasil belajar siswa kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran quantum teaching.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kolaborasi, Model Pembelajaran Quantum Teaching. Hasil Belajar.

Referensi

Alipandie, Imansyah. 2004. Didaktik Metodik Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Anonimous. 2009. Pajak. http://irshadi-bagas-4all.blogspot.com/2008/11/pajak-ekonomi-smp-kelas-viii.html. Akses tanggal: 11 Oktober 2011.

DePorter, Bobby. 2007. Quantum Teaching : Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Terjemahan oleh Ari Nilandari dari Quantum Teaching: Orchestrating Student Success. Bandung : Kaifa.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dillenbourg, P.,& Schneider, D. Collaborative Learning and The Internet. http;//tecfa.unige.ch/tecfa/research/CMC/colla/iccai95_1.html. akses tanggal 11 Oktober 2011.

Gerlach, Roy. 1994. Mengembangkan Pembelajaran Kolaborasi di Kelas. Bandung: Ganexa Exact.

Hanum, Latifah. 2011. PBM Bidang Kimia. Darussalam: Unsyiah.

Hill, S. & Hill, T. 2003. The Collaborative Classroom. A Guide to co-operative learning. Amadale, vic: Eleanor Curtain Publishing.

Johnson, D.W.,& Johnson, R.T. 1998. Cooperation anf Competition: Theory and research. Edina,MN: interaction Book Company.

Mappa, Syamsu. 2003. Psikologi Pendidikan. Ujung pandang : FIP. IKIP Surabaya.

Nurulwati. 2004. Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Ganexa Excact.

Dillenbourg dan Sneider. 1998. Model Pembelajaran Kolaborasi. (http:www. Kollaboratif learning) diakses tanggal: 24 Maret 2011.

Setyosari, Punaji. 2009. Pembelajaran Kolaborasi Landasan Untuk Keterampilan Sosial, Rasa Saling Menghargai Dan Tanggung Jawab. Malang: UNM.

Silberman, Melvin.L. 2006. Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif Edisi Revisi. Terjemahan oleh Rasul Muttaqien dari Active Learning:101 Strategies to Teach Any Subject. Bandung : Nusamedia.

Sudjana, N. 2002. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Syukriah. 2003. “Pengaruh Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Prestasi Belajar Siswa SLTP Negeri 1 Banda Aceh Pada Pokok Permintaan dan Penawaranâ€. Skripsi. Banda Aceh : FKIP Ekonomi Unsyiah.

Tirtaraharja, Umar. 2007. Kesejahteraan Guru Salah Satu Faktor yang Berpengaruh Terhadap prestasi Belajar Siswa SD. Disertasi Doktor. Jakarta: FPS. IKIP Surabaya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Molenong, Lexy J. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Azizah, Bahriyatul. 2006. â€Studi Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jagsaw dan Metode Konvensional Pokok Bahasan Jurnal Khusus Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas II MAN Suruhâ€. Skripsi. Semarang: UNNES.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-31