Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Permintaan dan Penawaran Melalui Strategi Mastery Learning (Suatu Penelitian di SMA Negeri I Peusangan Siblah Krueng kelas I)
Abstrak
ABSTRAK
Untuk mencapai tujuan pendidikan, perlu dilakukan pembenahan untuk meningkatkan profesionalisme guru, penyempurnaan kurikulum dan pedoman pelaksaannya, serta menciptakan kondisi belajar siswa yang kondusif. peningkatan mutu pendidikan itu tidak hanya dipusatkan terhadap mutu mengajar seorang guru dalam kelas di dalam lingkugan sekolah, melaikan harus pula disertai dengan peningkatan mutu belajar serta keaktifan siswa, baik lingkungan sekolah maupun lingkungan luar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kreativitas siswa dalam proses belajar pada pokok bahasan permintaan dan penawaran melalui strategi mastery learning dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 sebanyak 30 orang. Penggunaan Strategi mastery learning dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pokok bahasan pada permintaan dan penawaran di SMA Negeri I Peusangan Siblah Krueng.Kreativitas siswa yang diajarkan dengan melalui Strategi Mastery lebih efektif bila dibandingkan densgan aktivitas siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa (konvensioanl).Siswa kelas X2 yang diajarkan dengan mengunakan strategi mastery learning telah mencapai ketuntasan berdasarkan hasil tes dari jumlah siswa telah mencapai nilai,di SMA Negeri I peusangan siblah kreung.
Â
Kata Kunci : Kreativitas Belajar, Strategi Mastery Learning
Â
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Abdillah, (2002) Perkembangan Peserta Didik. Jakarta PT Bumi Aksara
Aunurahman, (2008), Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Beyamin S. Bloom (2003), Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Bumi Aksara, Jakarta.
Baron. 2002. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. http://didin-uninus.blogspot.com/ 2009/ 03/ berpikir- kreatif. html
Carroll (2004:23), Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Depdiknas, 2003. Kurikulum tingkat satuan Pendidikan. Jakarta : Pustaka Setia
Gulford (2001). Belajar dan faktor-Faktor yang mempengaruhinya, PT,Rinika Cipta.
Getzels dan Jackson (2003) Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya, PT,Rinika cipta.
Haefele. 2003. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. http : // tyaset. blog.com/ 2003/ 02 / 15 definisi kreativitas.
Hulbeck, 2001. Belajar dan faktor-Faktor yang mempengaruhinya, PT,Rinika Cipta.
Jhons, B. Carol. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : PT Bumi Aksara
Joice and Weil (2009), Model pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
James O. Whittaker, (2002) Evaluasi Belajar Mengajar. PT, Remaja Rosda Karya Bandung.
Lewin, (2002), Metode Penelitian Masyarakat.Jakarta, Gramedia.
Munandar, (2003), Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung
Morena (2003) belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya, PT, Rinika Cipta.
Moleong, (2003), Metode Penelitian Kualitatif, PT Rineka Cipta
Rotherberg. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. http:// moethya 26.wordpress.com/ 2004/ 02 / 20 pengertian- kreativitas- 4p¬produk- proses- pendorong- pribadi/.
Reni Akbar-Hawadi dkk. (2002). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Rineka Cipta. Jakarta
Simpson. 2002. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : kineka. Cipta
Slameto (2002), Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka, Cipta, Jakarta.
Supriadi, Dedi. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT- Bumi Aksara
Suyanto, (2001) Metode dan Model Mengajar,Alvabeta Bandung.
Thailor, Halland, (2003) Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta
Utami, Munandar. 2003. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta
Wangkat dan oreovoc (2005), Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Bumi Aksara Jakarta.
Wilson, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT- Bumi Aksara
Wallas, Reni Akbar Hawadi, dkk. 2002. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Rineka Cipta. Jakarta.