PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI MAN PEUSANGAN

Penulis

  • Rahmi Ouly Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Marwan Hamid Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen

Abstrak

Abstrak

 

Penelitian ini berjudul pengaruh motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa jurusan IPSdi MAN Peusangan. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MAN Peusangan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian assosiatif. populasinya adalah seluruh siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang ada di MAN Peusangan untuk tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 242 orang siswa, maka peneliti mengambil sampel sebesar 15% dari total populasi. Dengan demikian jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data melalui angket. Teknik analisis data melalui pengujian uji t. hasil penelitian terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap minat belajar siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MAN Peusangan dengan koefisien korelasi mencapai 0,653 termasuk pada katagori kuat dengan persentase sebesar 42,64%.Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MAN Peusangan dengan angka koefisien korelasi sebesar 0,558 termasuk pada katagori sedang, besarnya persentase pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MAN Peusangan adalah 31,14%.

 

Kata kunci: motivasi belajar, penggunaan media pembelajaran, minat belajar

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Munir. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudaryono, dkk. 2012. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suwarna. 2006. Pengajaran Mikro. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Usman, Moh Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-31