PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IX SMPN 3 GANDAPURA
Abstrak
Abstrak
Â
Â
Penelitian yang diberi judul Peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan perdagangan internasional melalui model pembelajaran kooperatif tipe STADdi Kelas IX SMPN 3 Gandapura. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pokok bahasan perdagangan internasional melalui model pembelajaran kooperatif tipe STADdi Kelas IX SMPN 3 Gandapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 3 Gandapura Kabupaten Bireuen sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes. Teknik analisis data melalui tes, observasi, angket. Penerapan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Gandapura materi perdagangan internasional, secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 23,08% dengan persentase ketuntasan dari 69,23% pada siklus I, menjadi 92,31% pada siklus II. Kemampuan guru meningkat sebesar 12% dari 80% menjadi 92%, sementara keaktifan siswa terjadi peningkatan sebesar 10% dari 76% menjadi 88%.
Â
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar, pokok bahasan perdagangan internasional
Referensi
Daftar Pustaka
Anni. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Universitas Terbuka Jakarta.
Anwar. 2005. Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Tarsito
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
_______. 2005. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arfin, Mulyati. 2006. Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia. Surabaya : Airlangga University Press.
Asrori, Mohammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.
Darsono, Max. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2004. Model Pembelajaran Terpadu IPS.
Hanum, Latifah. 2011. PBM Bidang Kimia. Darussalam: Unsyiah.
Maidiyah, Erni dan Usman. 2008. Materi Pelatihan Profesi Guru Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Darussalam: Unsyiah.
Mappa, Syamsu. 2003. Psikologi Pendidikan. Ujungpandang : FIP. IKIP Surabaya.
Musalina. 2013. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gandapura Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Pola Kegiatan Ekonomi. Skripsi. Bireuen: Universitas Almuslim.
Nurlaila. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.
Nurmalawati. 2012. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Pelaku Ekonomi di Kelas VIII SMP Negeri 2 Makmur. Skripsi. Bireuen: Universitas Almuslim.
Rasyid, Harun dan Mansur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.
Rosyidi, Suherman. 2011. Pengantar Teori Ekonomi, Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Makro & Mikro. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sudjana, N. 2003. Metode Statistik. Bandung: Tarsito
________. 2006. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Syamsuddin, Syah. 2006. Model-Model Pembelajaran IPA SD, Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Bina Media Informasi.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresis. Jakarta: Prenada Media Group.
Yanti, Novi. 2012. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pajak di Kelas VIII SMP Negeri 3 Makmur. Skripsi. Bireuen: Universitas Almuslim.
Zarkasyi. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Masteri Pelaku Kegiatan Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Peusangan. Skripsi. Bireuen: Universitas Almuslim.