PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KECAMATAN BANDA BARO KABUPATEN ACEH UTARA

Penulis

  • Syamsyidar Syamsyidar Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Sri Wahyuni Prodi Ekonomi Pembangunan FE Universitas Almuslim-Bireuen

Abstrak

Abstrak

 

Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Negeri 2 Banda Baro, dengan tujuan ingin melihat adanya pengaruh dari motivasi orang tua yang mengakibatkan prestasi belajar siswa dapat meningkat atau mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum. Metode penelitian adalah menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian merupakan penelitian korelasi. Adapun yang menjadi sampel atau objek dalam penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil analisis yang telah penulis lakukan dapat dikembangkan suatu interprestasi permasalahan yang telah di teliti dan hasilnya menunjukkan bahwa thitung   = 2,64  dan  ttabel  = 1,714. Karena t hitung lebih besar dari pada t tabel atau dengan kata lain 2,64 > 1,714 maka hipotesis Ho ditolak dan terjadi penerimaan Ha. Dengan demikian hipotesis yang diterima (Ha) dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Banda Baro. Dalam hal ini motivasi orang tua merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS karena pelajaranIPS merupakan mata pelajaran yang sangat menarik untuk dipelajari. Motivasi orang tua adalah suatu dorongan yang mampu menjadikan perubahan atau pembentukan karakter bagi siswa. Pengetahuan yang diperoleh dari orang tua akan sangat membantu siswa dalam belajar, dimana peran orang tua juga akan menjadikan siswa lebih bertanggung, khususnya siswa di SMP Negeri 2 Banda Baro. Oleh sebab itu sangat diharapkan kepada seluruh orang tua dan guru agar dapat memotivasi siswa sebaik mungkin karena tujuan akan mudah didapatkan dengan menyadari siswa melalui motivasi atau dorongan yang baik.

 

Kata Kunci :Prestasi Belajar, Motivasi Orang Tua

Referensi

Daftar Pustaka

Anwar, 2002. Evaluasi Belajar Mengajar, Jakarta :Rineka Cipta.

Anwar, saifudin. 2005. Menuju Pendidikan yang Relevan dan Bermutu. Jakarta. BalaiPustaka

Darkir, 2004. Perencanaan dan pengembangan Kurikulum, Yogjakarta : Rineka Cipta

Dalyono, 2009. Psikologi Pendidikan Edisi ke-5. Jakarta. P.T Rineka Cipta

Hasbullah, 2005. Dasar-dasar Ilmu pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo persada

Hamalik, 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hakim, Thursan. 2001. Belajar Secara Efektif. Jakarta. Puspasari.

Mc. Donald, Oemar Hamalik, 2001. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar, Jakarta. Universitas Terbuka.

Muchdarsyah, 2003. Manajemen pendidikan. Jakarta : Erlangga

Negoro, 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Oemar, Hamalik. 2001. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Sardiman, 2007. Interaksi dan motivasi dalam belajar mengajar. Jakarta: raja grafindo persada.

Sugiono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta,cv.

Slamote, 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slamento, 2003. Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta Penerbit P.T Rineka Cipta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-31