PENGARUH PEMANFAATAN BUKU-BUKU PERPUSTAKAAN BIDANG EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X SEMESTER 1 SISWA SMA NEGERI 1 SIMPANG MAMPLAM KABUPATEN BIREUEN
Abstrak
Abtrak
Â
Penelitian ini didasarkan pada kurangnya pemanfaatan buku perpustakaan dalam pelajaran ekonomi sehingga hasil belajar yang diperoleh jauh dari harapan. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Buku-Buku Perpustakaan Bidang Ekonomi terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X Semester 1 Siswa SMA Negeri I Simpang Mamplam Kabupaten Bireun.            Pendekatan yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiaan yang digunakan adalah deskriptif. Populasi adalah siswa Kelas X adalah sebanyak 83 orang di SMA negeri 1 Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen, untuk sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 10% dari jumlah populasi yaitu 22 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan pemberian angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengujian kriteria hipotesis/uji t. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa thitung ≥ ttable yaitu: 4,257 ≥ 2,086 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pemanfaatan buku-buku perpustakaan bidang ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi semester 1 siswa SMA negeri 1 Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen.
Â
Kata Kunci: pemanfaatan buku-buku perpustakaan, hasil belajar, pelajaran ekonomi
Referensi
Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Grasindo Rineka.
Darmono 2007. Perpustakaan Sekolah Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Jakarta: PT. Grasindo Rineka.
Endang, Sri Mastuti Dkk. 2012. Pengaruh pemanfaatan perpustaaan sekolah terhadap hasil belajar IPS siswa SMPN 18 Pontianak. FKIP Untan. Jurnal online (http://search.tb.ask.com/search/GGmain). Diakses pada 9 Maret 2015.
Gagne, Djamarah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Marlina. 2013. Peranan Perpustakaan dalam Menunjang Mutu Pendidikan. Jakarta: jurnal online (http://search.tb.ask.com/search/GGmain). Diakses pada 20 Maret 2015.
Morgan, Ratuman. 2004. Definisi Belajar. Lecturer.uin-Malang.ac.id/ /1590/2/083911073_Bab2.pdf
Muliadi, Harry. 2008. Pengaruh disiplin siswa dan fasilitas perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi. Semarang: UNNES. jurnal online (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/downloads/). Diakses pada 9 Maret 2015
Panitia Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi. Bireuen: FKIP Umusim.
Sagala, Henry. E. Garet. 2007. Konsep dan Mata Pelajaran. Bandung: Alfabeta
Setyosari, Punaji. 2013. Ranah Kognitif dalam Pembelajaran. Malang: Unmal.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset
Sugiyono. (2012). MetodelogiPenelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Undang-undang 2007. Republik Indonesia, nomer, 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, Yogyakarta: Pustaka Timur.
Wardani, Dimyati. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.