PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PEUSANGAN
Abstrak
ABSTRAK
Â
Penelitian ini berjudul pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Peusangan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Peusangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Peusangan yang berjumlah 40 orang sebagai analisis dan objek yang akan diteliti sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Peusangan sebanyak 40 responden. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket). Teknik analisis data melalui pengujian uji t. Hasil penelitian diperoleh adalah 4,17 sedangkan harga  didapatkan sebesar 2,03 yang berarti  ≥  yaitu 4,17 ≥ 2,03. Dengan demikian Ha diterima Ho ditolak, maka hipotesis alternative (Ha) yang telah dirumuskan yaitu : “ Ada pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Peusanganâ€, maka diterima kebenarannya.
Â
Kata Kunci: lingkungan keluarga, prestasi belajar
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Penerbit Rineka
Drs, syaiful Bahri Djamarah. Psikologi Belajar. (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)
Harnacki dan Poter, 2001. Prestasi belajar. Bandung: Alfabeta
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.
Ki Hajar dewantara, 2004. Lingkungan pendidikan. Jakarta: Cipta Karya
Munib. 2004. Pengertian lingkungan belajar. Bandung: Alfabeta
Sadirman, AM.2001. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Satrio Andi, 2005. Prestasi belajar. Bandung: Alfabeta
Setyosari. Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana
Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cempaka: Salatiga.
Slameto, 2010. Pengaruh belajar. Bandung: Alfabeta
Sudjana, Nana. 2006. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar baru algensindo.
Sugyiono. 2011a. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tu’u, Tulus. 2004. Peranan disiplin pada prilaku dan prestasi siswa. Jakarta:Grasindo