PENGARUH PEREKONOMIAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTsS KEUDE SIMPANG EMPAT SIMPANG KEURAMAT-ACEH UTARA

Penulis

  • Fitriana Fitriana Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Sri Wahyuni

Abstrak

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pengaruh perekonomian keluarga terhadap prestasi belajar siswa di MTsS Keude Simpang Empat, Kecamatan Simpang Keuramat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dikarenakan dalam penelitian ini menggunakan pengukuran dan analisis menurut model statistik yang dikuantitatifkan. Dengan demikian penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian studi deskriptif dan korelasional.  Sumber data dalam penelitian ini adalah semua siswa MTsS Keude Simpang Empat Simpang Keuramat terdiri dari  siswa  kelas  VII, VIII, dan siswa kelas IX yang berjumlah 65 siswa. Alat untuk mengukur koefisien korelasi dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perekonomian keluarga berpengaruh signifikan dengan prestasi belajar siswa MTsS Keude Simpang Empat. Dari hasil koefesien korelasi yang diperoleh menunjukkan Ha diterima dengan t-hitung = 5,306 di luar penerimaan Ho. Dari hasil koefesien korelasi yang diperoleh menunjukkan bahwa besar pendapatan orang tua (0,638) menjadi faktor terbesar yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, sementara jumlah tanggungan orang tua (0,255) menjadi faktor terendah yang mempengaruhi prestasi belajar siswa MTsS Keude Simpang Empat Simpang Keuramat.

 

Kata Kunci: Perekonomian Keluarga, Prestasi Belajar Siswa

Referensi

Daftar Pustaka

Ali Bahar. 2002.Motivasi dan Masalahnya, Jakarta: Titik.

Bagus Raharjo.2006. Motivasi dalam Belajar, Jakarta: Bintang.

Danim Sudarwan.2003. Menjadi Komunitas Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah.2002.Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim.2002.Pembelajaran secara efektif, Jakarta: Puspa Swara.

Heri Noer Ali.2003 Watak Pendidikan Islam, Bandung: Friska Agung Insani.

Idris dan Jamaluddin.2005.Analisis Kritis Mutu Pendidikan, Banda Aceh: Taufiqiyah Sa’adah.

Maslihah.2007. Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II MTs Negeri Wongsorejo Banyuwangi, Skripsi Malang.

Maryanti.2002.Bimbingan dalam Belajar, Jakarta: Bineka.

Marfuadi.2000. Perekonomian Keluarga dan Kebutuhan, Jakarta: Nuansa.

Mohammad Uzer Usman.2005.Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution.2000.Didaktik Azas-azas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Pidarta.2001.Landasan Kependidikan, Jakarta, Rineka Cipta.

Richard G. 2001. Lipsey dkk, Ilmu Ekonomi, Jakarta: Bina Aksara.

Slameto.2003. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

S.Sumanto.2001. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar, Semarang: Toha Putra.

Sugiyono.2008. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto.2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Sadikin,2002. Ekonomi Makro, Jakarta: Tiga Unsur.

Slameto, dkk.2003 Peran Guru di Sekolah, Bandung: Mintik,

Soejanto.2002.Guru dan Siswa, Jakarta: Tut Wuri.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-08-14