PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI DAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI PAJAK SISWA KELAS VIII SMPN 1 MAKMUR

Penulis

  • Yenni Agustina Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen

Abstrak

ABSTRAK

 

Telah dilakukan penelitian terhadap perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kolaborasi dan model quantum teaching pada materi pajak siswa kelas VIII SMPN 1 Makmur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi pajak antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kolaborasi dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran quantumteaching.Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kolaborasi lebih baik dari prestasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran quantumteaching pada materi pajak di SMPN 1 Makmur. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Makmur yang berjumlah 3 kelas sebanyak 73 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII1dan kelas VIII2. kelas VIII1 diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kolaborasi dengan jumlah 24 siswa, sedangkan kelas VIII2 diajarkan menggunakan model quantum teaching dengan jumlah 24 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis terhadap dua kelas siswa yang telah dibagi yaitu kelas siswa yang diterapkan model pembelajaran kolaborasi dan kelas siswa yang diterapkan model pembelajaran quantum teaching. Data yang terkumpul diolah menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis uji statistik menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran kolaborasi lebih baik daripada menggunakan pembelajaran quantum teaching pada materi pajak pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Makmur.

 

Kata kunci: Hasil belajar, kolaborasi, quantum teaching

Referensi

Daftar Pustaka

Alipandie, Imansyah. 2004. Didaktik Metodik Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Anonimous. 2009. Pajak. http://irshadi-bagas-4all.blogspot.com/2008/11/pajak-ekonomi-smp-kelas-viii.html. Akses tanggal: 11 Oktober 2011.

DePorter, Bobby. 2007. Quantum Teaching : Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Terjemahan oleh Ari Nilandari dari Quantum Teaching: Orchestrating Student Success. Bandung : Kaifa.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dillenbourg, P.,& Schneider, D. Collaborative Learning and The Internet. http;//tecfa.unige.ch/tecfa/research/CMC/colla/iccai95_1.html. akses tanggal 11 Oktober 2011.

Gerlach, Roy. 1994. Mengembangkan Pembelajaran Kolaborasi di Kelas. Bandung: Ganexa Exact.

Hanum, Latifah. 2011. PBMBidangKimia. Darussalam: Unsyiah.

Hill, S. & Hill, T. 2003. The Collaborative Classroom. A Guide to co-operative learning. Amadale, vic: Eleanor Curtain Publishing.

Johnson, D.W.,& Johnson, R.T. 1998. Cooperation anf Competition: Theory and research. Edina,MN: interaction Book Company.

Mappa, Syamsu. 2003. Psikologi Pendidikan. Ujungpandang : FIP. IKIP Surabaya.

Nurulwati. 2004. Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Ganexa Excact.

Dillenbourg dan Sneider. 1998. Model Pembelajaran Kolaborasi. (http:www. Kollaboratif learning) diakses tanggal: 24 Maret 2011.

Setyosari, Punaji. 2009. Pembelajaran Kolaborasi Landasan Untuk Keterampilan Sosial, Rasa Saling Menghargai Dan Tanggung Jawab. Malang: UNM.

Silberman, Melvin.L. 2006. Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif Edisi Revisi. Terjemahan oleh Rasul Muttaqien dari Active Learning:101 Strategies to Teach Any Subject. Bandung : Nusamedia.

Sudjana, N. 2002. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Syukriah. 2003. “Pengaruh Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Prestasi Belajar Siswa SLTP Negeri 1 Banda Aceh Pada Pokok Permintaan dan Penawaranâ€. Skripsi. Banda Aceh : FKIP Ekonomi Unsyiah.

Tirtaraharja, Umar. 2007. Kesejahteraan Guru Salah Satu Faktor yang Berpengaruh Terhadap prestasi Belajar Siswa SD. Disertasi Doktor. Jakarta: FPS. IKIP Surabaya.

Trianto. 2009. MendesainModel Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Molenong, Lexy J. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Azizah, Bahriyatul. 2006. â€Studi Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jagsaw dan Metode Konvensional Pokok Bahasan Jurnal Khusus Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas II MAN Suruhâ€. Skripsi. Semarang: UNNES.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-08-14