PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERAIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KETENAGAKERJAAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 JANGKA
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini berjudul perbandingan model pembelajaran kooperaif Numbered Head Together(NHT) dengan konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi ketenagakerjaa di kelas VIII SMP Negeri 2 Jangka. Bertujuan untuk mengetahui adanya Perbandingan Model Pembelajaran Kooperaif Numbered Head Together (NHT) dengan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ketenagakerjaan di Kelas VIII SMP Negeri 2 Jangka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Jangka sebanyak 90 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas siswa, kelas VIII1 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal. Teknik analisis data uji t diperoleh hasil  yaitu 3,57 1,68. Maka keputusan statistik adalah diterima dan ditolak, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi ketenagakerjaan yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran konvensional.
Â
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperaif Numbered Head Together, hasil Belajar, materi ketenagakerjaan
Referensi
Daftar Pustaka
Ahmadi. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Pidarta. 2000. Cara Belajar Mengajar di Universitas Negara Maju. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, N.2000. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Rostiya. 2000. Didaktik Metodik. Jakarta: Bina Aksara.
Slameto. 2003. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sudijono, A. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & Dengan (3rd Ed.) Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2009. Model pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana.
Usman. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Wijaya. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.