PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP WORK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGEMBANGKAN SEMANGAT WIRAUSAHA DI KELAS X PEMASARAN SMK NEGERI 1 LHOKSEUMAWE
Abstrak
Abstrak
Â
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya hasil belajar siswa pada materi mengembangkan semengat wirausaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi mengembangkan semangat wirausaha setelah penerapan model pembelajaran Small Group Work di kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Lhokseumawe. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Lhokseumawe berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes soal, lembar observasi dan angket.Hasil belajar siswa diperoleh pada siklus I sebesar 70% siswa mendapat nilai ≥ 65. Hasil penelitian siklus II menjadi 90% siswa mendapat nilai ≥ 65 dengan persentase peningkatan mencapai sebesar 20%. Hasil aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan model pembelajaran Small Group Work pada materi mengembangkan semangat wirausaha. Dimana, aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 73,45% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 93,92%, Dengan persentase peningkatan sebesar 20,47%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase 69,64% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89,64%, Dengan persentase peningkatan sebesar 20%. Hasil respon siswa terhadap model pembelajaran Small Group Work terdapat banyak respon positif dimana siswa tidak lagi mengalami kesulitan dalam mempelajari materi mengembangkan semangat wirausaha dan setelah belajar kewirausahaa dengan model pembelajaran Small Group Work siswa dapat meningkatkan pengetahuan.
Â
Kata Kunci: Model pembelajaran Small Group Work, hasil belajar, materi mengembangkan semengat wirausaha
Referensi
Daftar Pustaka
Arikunto, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Aunurrahman, 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara
Ibrahim. 2003. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press
Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Siswa Berbakat. Cetakan 2. Jakarta: Rineka Cipta
Muhtadi, Ali 2004. Model-Model Pembelajaran. Surabaya: UNESA University Press
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung
Sunarto. 2010. Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, sosial, ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta
Usman, U. 2008. Upaya oprtimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya