MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAININGPADA KOMPETENSI DASARPERILAKU PRODUSEN DI SMA NEGERI 1 KUTABLANG”.

Penulis

  • Yenni Agustina Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Muhammad Afzal

Abstrak

ABSTRAK

 

Rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa dan guru merupakan suatu masalah yang mendasar di SMA Negeri 1 Kutablang. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi perilaku produsen dengan model pembelajaran student facilitator and explaining.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Sumber data yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah data hasil belajar siswa, data hasil observasi dan data respon siswa. Yang menjadi sumber penelitian ini adalah siswa kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Kutablang yang berjumlah 25 orang. Setelah semua data terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis data kualitatif. Hasi dari analisis  tes siklus I dan II menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan sebesar 28%. Hasil observasi guru dari siklus I dan II terjadi peningkatan sebesar 21%. Sedangkan aktifitas siswa pada siklus I  dan II mengalami peningkatan sebesar 28,14%. Jadi dapat disimpulkan aktifitas guru dan siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining mengalami peningkatan. Secara umum respon siswa terhadap pembelajaran ini termasuk dalam kategori baik, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar ekonomi siswa pada materi perilaku produsen dengan model pembelajaran student facilitator and explaining  di SMA Negeri 1 Kutablang.

 

Kata Kunci : Student Facilitator and Explaining, hasil belajar.

Referensi

Alam, dkk. (2013). Ekonomi. Jakata: PT .Glora Aksara.

Arikunto. Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.

, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2004. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati, dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Faizah. (2010). Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran koopertif make a match di kelas VI SDN ranggeh kecamatan gongdawetan kabupaten pasuruan. Di unduh pada tanggal 16 februari 2013 dari http://library.um.ac.id/peningkatan -hasil -belajar -ips-melalui - model-pembelajaran-kooprtaif -make-a-match-di -kelas-vi -sdn-ranggeh-kecamatan-gongdawetan-kabupaten-pasuruan -feronanda -djangor-html.

Isjoni. (2007). Cooperatif Learning (Efektifitas Pembelajaran Kelompok).Riau: Unri Press.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Muslich, Mansur. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktis bagi Guru Propesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Samitra, Edi. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk meningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII MTsS Lueng Daneun pada Materi Kelangsungan Makhluk hidup. Proposal Seminar. Unimus Matangglumpang Dua. Bireuen.

Sugihartono.(2011). Penerapan model pembelajaran koopertif make a match untuk meningkatkan hasil belajar ppkn di kelas VISDN madyopuro II kecamatan kedungkandang kota malang. Di unduh pada tanggal 5 maret 2013 dari http://library.um.ac.id/penerapan-model-pembelajaran-kooprtaif -make- a-match -untuk-meningkatkan-hasil -belajar -pkn -di -kelas-VI-sdn-madyopuro- II -kecamatann -kedungkandang-kota -malang.html. diakses, 10 Nopember 2015

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Ikapi: Cv Alfabeta.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Belajar, Bandung.

Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

, 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, S. (2006). Metodologi Penelitian. Jakarta: Grafindo.

Riyanto, Yatim. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan berkualitas). Surabaya: Kencana Perdana Media Group.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya : Kencana Prenada Media Group.

Universitas Almuslim, 2008. Pedoman Penulisan Skripsi. Universitas Almuslim.Matangglumpangdua, Bireuen.

Wikipedia, (2007). Pengertian Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining.(Oline), http://jurnalbidandiah.blogspot.com/2012/04/pengertian-model-pembelajaran-student.html#ixzz3ropfR3OT, diakses 18 Oktober 2015.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-05-15