MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS X MAN PEUSANGAN

Penulis

  • Susanti Susanti Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Hariki Fitrah

Abstrak

ABSTRAK

 

Penelitian ini berlatang belakang dari rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas X IPS 1 MAN Peusangan dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi manajemen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian kualitatif adalah suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau pernyataan lisan dari orang-orang dan perilaku yang di amati. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Peusangan Kabupaten Bireuen sebanyak 35 siswa. Hasil belajar siswa dalam materi manajemen dalam pelajaran yaitu test pratindakan (awal) yang dicapai oleh 21 orang siswa dengan persentase 60%, test siklus I yang dicapai oleh 26 orang siswa dengan persentase 74,28%, dan terjadi perubahan yang sangat signifikan pada siklus II yang dicapai oleh 31 orang siswa dari 35 siswa dengan persentase 88,57%. Aktivtas Guru dan siswa juga mengalami peningkatan, yaitu siklus I aktivtas guru sebesar 84,61%, siklus II meningkat menjadi 96,92%, dan aktivitas siswa pada Siklus I dengan persentase 80%, Siklus II menjadi 93,84%. Adapun persentase respon positif siswa terhadap pembelajaran Think Pair Share (TPS), secara keseluruhan diperoleh hasil, bahwa persentase rata-rata respon positif siswa sebesar 89,54% dan persentase rata-rata respon negatif siswa sebesar 10,46%.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar dan Model pembelajaran Think Pair Share (TPS).

Referensi

Aunurrahman, 2011, Belajar dan Pembelajaran, Alfabeta: Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. 2004. Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Departemen.

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hartina. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Paire Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar (Studi pada Materi Pokok Laju Reaksi). Skripsi. Jurusan Kimia FMIPA, UNM.

Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Lie, Anita. 2005. Cooperatif Learning. Jakarta: Grasindo.

Muhibbin Syah, M.Ed. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual (contextual teaching and learning/CTL) dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: UM press.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya.Edisi Revisi. Jakarta: Reneka Cipta.

Sudjana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Tarsito: Bandung.

Sugihartono. dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.

Suyatno.2009. Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, 2008, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Erlangga.

Pasaribu dan Simanjuntak. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito

Widarti, Atik. 2007. Evektivitas penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share. Uness.

Wahyono, Teguh. 2008. Analisis Data. Bandung. Elex Media.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-05-15