PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN
Abstrak
ABSTRAK
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Untuk mengetahui motivasi siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen, Untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen, danUntuk mengetahui motivasi dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan subjek penelitian siswa SMP Negeri 1 Peusangan dengan jumlah 276 siswa. Sampel pada siswa kelas VIII.1 dan kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Peusangan dengan jumlah 69 siswa. Dari hasil pengolahan data X1: Diterima Ha bila t-hitung ≥ t-tabel dan diterima Ho bila t-hitung ≤ t-tabel. Harga t- hitung yag diperoleh adalah 36645,15 sedangkan harga t-tabel adalah 2,30, berarti t-hitung yaitu 36645,15 ≥ 2,30. Data dari X2 hipotesis bahwa: Diterima Ha bila t-hitung ≥ t-tabel dan diterima Ho bila t-hitung ≤ t-tabel. Harga t- hitung yag diperoleh adalah 8,13 harga t-tabel adalah 2,30, berarti t-hitung yaitu 65730027,88 ≥ 2,30. Dengan demikian hipotesis alternative yang telah dirumuskan yaitu “Ada pengaruh positif motivasi dan minat belajar terhadap prestasi siswa di SMP Negeri 1 Peusangan. Nilai (X1) dan (X2) terhadap (Y) dengan koefisien korelasi antara variabel X1 (698800932,65) dan X2 (481294730,24). Hasil hipotesis berdasarkan korelasi ganda adalah jumlah 3722,810. Harga thitung adalah 8,13 sedangkan harga ttabel 0,361. Berarti  ≥  yaitu 8,13.
Â
Kata Kunci : Motivasi Belajar, minat belajar, dan prestasi belajar
Referensi
Dewi Ayuni Rahmawati (2011) skripsi dengan judul “Perngaruh Lingkungan Keluarga Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akutansi Siswa Kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Bangun Tapan Tahun Ajaran 2010/2011.
Mujiman, Haris. (2007). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.
Nana Sudjana. (1991). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
OemarHamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: BumiAksara.
Slameto. (2010). Belajardan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudirman,AM. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiono. (2009). Statiska Untuk Penelitian. Bandung: CVAlfabeta.
Suluri. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Surakarta Tahun Ajar 2008/2009. Tesis.PPs-UNY.
Tim Penyusun. (2011). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Tu’u, Tulus. (2004). Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Uno, Hamzah B. (2012). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
W.S Winkel. (1983). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia.
Wahyuni, Asti. 2007. Pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas 1 Jurusan Akuntansi SMK Pelita Nusantara 1 Semarang.