PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL LUAS BANGUN DATAR SEGIEMPAT

Penulis

  • Rahmi Hayati Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen

Abstrak

ABSTRAK

 

Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal luas bangun datar Segiempat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal Luas Bangun datar segiempat. Dalam pembelajaran matematika, termasuk penyelesaian masalah matematika, siswa melakukan proses berpikir. Dalam benak siswa terjadi proses berpikir sehingga siswa dapat sampai pada jawaban. Menurut Yulaewati (2004) salah satu peran guru dalam pembelajaran matematika adalah membantu peserta didik mengungkapkan  bagaimana proses yang berjalan dalam pemikirannya ketika memecahkan masalah, misalnya dengan cara meminta peserta didik menceritakan langkah yang ada dalam pikirannya. Hal ini diperlukan untuk mengetahui kesalahan berpikir yang terjadi dan merapikan jaringan pengetahuan peserta didik. Proses berpikir adalah aktivitas yang terjadi dalam otak manusia. Informasi-informasi dan data yang masuk diolah didalamnya, sehingga apa yang sudah ada di dalam perlu penyesuaian bahkan perubahan, proses demikian dinamakan adaptasi. Adaptasi  terhadap skema baru dapat dilakukan dengan dua cara yaitu asimilasi dan akomodasi tergantung dari jenis skema yang masuk ke dalam struktur mental. Proses asimilasi dan akomodasi akan berlangsung terus menerus sampai terjadi keseimbangan.

 

Kata kunci: Proses Berpikir, Bangun Datar, Segiempat

Referensi

Bogdan, Robert C and Biklen, Sari Knop. (1993). Qualitative research for Education: An Intruction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.

Miles, M.B dan Huberman A Micheal. (1992). Analisis Data Kualitatif, Tjetep Rohendi. Jakarta:UI Press.

Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudarman. 2009. Proses Berpikir Siswa Climber Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tadulako.

Yulaewati, E. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Filosopi dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya.

Zubaidah, Tuti. 2000. Proses Berfikir dan Kemampuan Persepsi Keruangan Siswa Kelas I SLTP Negeri 32 Surabaya. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-05-23