PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SAWANG

Penulis

  • Yenni Agustina Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen

Abstrak

ABSTRAK

Rendahnya hasil belajar siswa merupakan masalah yang mendasar di SMA Negeri 1 Sawang, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X ada materi uang dan bank di SMA Negeri 1 Sawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian kuasi eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sawang yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah keseluruhan 130 orang siswa. Sampel yang diambil hanya 2 kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas kontrol dan kelas X6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa dari masing-masing kelas 20 orang. Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai  yaitu 17.97  1.68, karena  maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dilihat dari nilai rata-rata ter akhir kedua kelas. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yaitu x=89.3 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu x=75.1. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan media gambar lebih baik dari pada hasil belajar siswa kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci : Media Gambar, Hasil Belajar Ekonomi.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2002. Statistic Terapan, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Adi Mahasatya

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, & Jabar, Cepi, Safruddin, Abdul, Jabar. 2010. Evaluasi Program Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Alam, S. 2007. Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Apriliani, Hutami. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA, (Online), (jurnal-online.um.ac.id/data/artikel), diakses 6 Februari 2016.

Parmin. 2009. Pengaruh Penggunaan Media Model Dan Gambar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Ditinjau Dari Motifasi Belajar Siswa, (Online), (core.uc.uk/download/pdf/12348792.pdf), diakses 6 Februari 2016.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-05-29