DINAMIKA PEMBELAJARAN PADUAN SUARA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMAN 1 KOTA SABANG

Penulis

  • Ahmad Syai Universitas Syiah Kuala
  • Aida Fitri

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian tentang “Dinamika Pembelajaran Paduan Suara Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMAN 1 Kota Sabang †ini mengangkat masalah Bagaimana dinamika pembelajaran paduan suara pada kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Kota Sabang, yang bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika pembelajaran paduan suara pada kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Kota Sabang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis deskriptif yang bertujuan untuk mendapat gambaran secara mendalam tentang Dinamika Pembelajaran Paduan Suara Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMAN 1 Kota Sabang. Subjek penelitian adalah guru pengasuh/pembimbing paduan suara SMAN 1 Kota Sabang serta siswa yang tergabung dalam tim paduan suara di SMAN 1 Kota Sabang, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah . Data diperoleh dengan tehnik observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah dengan mereduksi data terlebih dahulu kemudian menyajikannya dalam bentuk uraian singkat dan akhirnya dilakukan penarikan kesimpulan..Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil temuan di lapangan, pelaksanaan pembelajaran paduan suara pada kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Kota Sabang secara umum mengalami dinamika perkembangan mulai tahun 2017 hingga saat ini tahun 2018. Pada tahun 2014 sampai dengan tahun 2016, pembelajaran paduan suara pada kegiatan ekstrakurikuler  di SMAN 1 Kota Sabang ini masih dilaksanakan seadanya saja. Hal tersebut terlihat pada beberapa segi, seperti: (1) pelaksanaan pembelajaran dan (2) prestasi yang pernah diraih oleh peserta paduan suara pada kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Kota Sabang.

 

Kata Kunci: Dinamika, Pembelajaran, Paduan Suara, Ekstrakurikuler

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Brittany, Maria Goretty Adventya. 2017. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara “Sekar Wangi†SD Negeri Lempuyangwangi. (Skipsi). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Cucun Sunaengsih dan Dede Tatang Sunarya. 2018. Pembelajaran Mikro. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Krisbanto, Herinimus. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kooperatif Learning. Pontianak: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura.

Kamil , Mustofa. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta

Lestari, V.D. 2012. Peningkatan Kompetensi Membuat Macam-

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Salinan). Jakarta: Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Rusmana, Nandang. 2012. Konsep Dasar Dinamika Kelompok, diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/196005011986031NANDANG_RUSMANA/Konsep_Dasar_DinamikaKelompok.pdf, pada tanggal 12 Juni 2018.

Septian, Odi. 2018. Dinamika Komunikasi Antarbudaya Masyarakat Kota Sabang Dengan Wisatawan Mancanegara. Jurnal ilmiah mahasiswa FISIP Unsyiah, Vol. 3. No. 3. Agustus 2018.

Setiawan, Ebta. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Offline versi 1.5.1, (ed), Kementerian Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-11-24