PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENCEGAH TANAH LONGSOR DI DESA CEKAL BARU KECAMATAN TIMANG GAJAH KABUPATEN BENER MERIAH

Penulis

  • Cucut Satria Barona Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Haryani Haryani

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh partisipasi masyarakat Desa Cekal Baru Kecamatan Timang Gajah kabupaten Bener Meriah dalam mengatasi  tanah longsor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk partisipasi masyarakat desa Cekal Baru Kecamatan Timang Gajah kabupaten Bener Meriah dalam mengatasi  tanah longsor. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel (Informan Penelitian) di dalam penelitian ini yaitu sesuai dengan karakteristik penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik bola salju (snowball sampling), dengan jumlah informan sebanyak 8 orang masyarakat. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam mengantisipasi tanah longsor berada dalam kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari keikutsertaannya dalam meminimalisir tanah longsor datang dari inisiatif mereka sendiri.

 

Kata Kunci: Partisipasi, Tanah Longsor.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Sutikno. 2005. Bencana Alam Dalam Kaitannya Dengan Pembangunan Berkelanjutan d1 Indonesia. Jurnal Vol. 5. April. 2005.

Yulaelawati, Ella. Dkk. 2008. Mencerdasi Bencana. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Nasiah. 2000. Evaluasi Kemampuan Lahan dan Tingkat Bahaya Erosi untuk Prioritas. Yogyakarta: Uiversitas Gajah Mada.

Svafei, Anjasmaja, 2004. Strategi Penanggulangan Bencana di ndonesia. Symposium Nasional Mitigasi Bencana Alam. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Rahman, Amni Zarkasyi. 2015. Kajian Mitigasi Bencana Tanah Longsor Di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Manajemen Dan Kebijakan Publik. Vol. 1, No. 1, Oktober 2015.

Twigg, John. 2007. Karakteristik Masyarakat yang Tahan Bencana. Oxfam GB dan Plan Internasional. Dialih bahasakan oleh Theresia Wuryantari.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-09-03