FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BEKERJA PART-TIME

Penulis

  • lina Aprilia Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Syiah Kuala
  • Musfiana Musfiana Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Syiah Kuala
  • Nana Suraiya Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Syiah Kuala

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Faktor-Faktor yang Mendorong Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan Universitas Syiah Kuala Bekerja Part-Timeâ€. Dalam skripsi ini ada dua hal yang dibahas yaitu: (1) Apa saja faktor-faktor yang mendorong mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala bekerja part-time? (2) Kendala apa saja yang dihadapi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala dalam bekerja part-time?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini bersumber dari mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala bekerja part-time. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi sedangkan teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa faktor yang mendorong mahasiswa untuk bekerja part-timeyaitu: (1) untuk mencari pengalaman, mengasah kemampuan ilmu yang telah dimiliki, mengisi waktu luang persyaratan untuk melanjutkan S2, untuk menabung dan membantu merigankan beban orang tua. (2) terdapat beberpa kendala mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala dalam bekerja part-time yaitu: tidak memenuhi target yang telah direncanakan dalam saat menjalankan perkuliahan, ada juga yang terkendala oleh kendaraan, susah membagi waktu antara kuliah, mengerjakan tugas kuliah dan pekerjaan dan ada juga yang sering ketinggalan tugas kuliah.

 

Kata kunci: faktor-faktor, mahasiswa, bekerja, part-time

Referensi

DAFTAR RUJUKAN

Azizah, Nur Lailatul. (2017). Pengaruh Kerja Part-Time Terhadap Prestasi Akademik dan Non Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Dirmantoro, Maylana. (2015). Motivasi Mahasiswa Kuliah Sambil Bekerja. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Mardelina. Muhson. (2017). Mahasiswa Bekerja Part-Time dan Dampaknya pada Aktivitas Belajar dan Prestasi Akademik . Jurnal Economia, 13 (2) : 1-27.

Anshori, Nuraini Siti. (2013). Makna Kerja (Meaning of Work) Suatu Studi Etnografi Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 2 (3) : 157-162

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta

Sudaryono. (2017). Metode Penelitian. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Suwarso. (2018). Dampak Kuliah Sambil Bekerja Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Kabupaten Jember Tahun 2017. Jurnal Relasi, 14 (2) : 15-27.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-27