ANALISIS EFESIENSI SALURAN PEMASARAN JERUK PAMELO GIRI MATANG DI DESA PANTEE LHONG KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

Penulis

  • Yenni Agustina Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Marwan Marwan Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Noviyanti Noviyanti Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen

Abstrak

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efesiensi pemasaran Jeruk Pamelo di Desa Pante Lhong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penarikan sampel ditentukan berdasarkan metode  snowball  sampling. Tehnik pengumpulan data penelitian ini adalah data primer dan data skunder, data primer diperoleh langsung melalui wawancara. Analisis data menggunakan metode analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis  kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan  saluran  pemasaran. Sedangkan untuk analisis kuantitatif untuk menganalisis biaya pemasaran, marjin pemasaran dan efesiensi pemasaran. Hasil penelitian diketahui bahwa saluran pemasaran Jeruk Pamelo Giri Matang didesa Pante Lhong yaitu melalui 3 tingkat saluran pemasaran yaitu, saluran 0 (petani – konsumen), saluran 1 (petani – pengecer – konsumen), dan saluran 3 (petani – pengumpul – pengecer – konsumen). Tingkat efesiensi saluran 1 adalah 40,63% berdasarkan hasil persentase marjin dan 59,38% berdasarkan hasil persentase bagian yang diterima petani. Dan ingkat efesiensi saluran 2 adalah 53,40% berdasarkan hasil persentase marjin dan 47% berdasarkan hasil persentase bagian yang diterima petani. Saluran yang lebih efesien berdasarkan persentase marjin dan persentase bagian yang diterima petani pada kedua saluran tersebut adalah saluran 1.

 

Kata Kunci: Saluran pemasaran, marjin pemasaran, efesiensi pemasaran, jeruk pamelo.

Referensi

DAFTAR RUJUKAN

Annonimus, 2014. PedomanTeknis Sertifikasi Indikasi Geografis Pamelo Giri Matang Bireuen. Dinas Pertanian Tanaman Pangan Aceh, Banda Aceh BAPPEDA Provinsi Aceh, 2006. Peta Jenis Tanah Provinsi Aceh. Banda Aceh.

BPS dan Dirjen Hortikultura. 2015. Produksi Buah-Buahan di Indonesia Tahun 2010-2014. Kementerian Pertanian RI. Jakarta.

Isaskar, R., Syafrial dan Nugraha, T. W. 2011. Efisiensi Pemasaran Jeruk Pamelo Dalam Wilayah Magetan (Citrus Grandis L. Osbek). Jurnal Habitat. VolumeXXII.No.1.(Online),(https://habitat.ub.ac.id/index.php/habitat/article/view/167)diakses 1 mei 2019

Koyyim, Muhammad (2017) Analisis Saluran Pemasaran Jeruk Keprok Di Desa Yosowilangun Kidul Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang.University Of Muhammadiyah Malang. (Online), (http://eprints.umm.ac.id/35347/), diakses 1 mei 2019

Manggopa, 2013. Efisiensi Pemasaran Nanas di Desa Lobong Kecamatan Passi Bar at Kabupaten Bolang Mongondow. Jurnal. Jurusan Agribisnis Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian Universitas Negeri Gorontalo 2013.https://docplayer.info/31776685-Jurnal-efisiensi-pemasaran-nanas-di-desa-lobong-kecamatan-passi-barat-kabupaten-bolaang-mongondow-chrisandi-jordan-manggopa.html). Di akses 31 juli 2019

Rahim A, Hastuti DRD. 2008. Pengantar, Teori dan Kasus Ekonomika Pertanian.Jakarta: Penebar Swadaya.

Soekartawi 2006. Manajemen Pemasaran Dalam Bisnis Modern, Pustaka Harapan, Jakarta

Soekartawi. 2010. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian (Teori dan Aplikasi). PT Raj a Grafindo Persada. Jakarta.

Sudiro, 2006.Marketing perusahaan.Erlangga, Jakarta

Sugiyono, 2009. Metode penelitian kualitatif kuantitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung

Swastha, B. 2006. Konsep dan Strategi Analisa Kuantitatif Saluran Pemasaran. BPFE. Yogyakarta.

Swastha, B. 2006. Pengantar Manajemen Pemasaran, Cetakan Pertama, UST Press, Yogyakarta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-27