PENGARUH PROMOSI DAN PERSAINGAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PEDAGANG KERIPIK PISANG DI KABUPATEN BIREUEN
Abstrak
ABSTRAK
Volume penjualan adalah tingkat penjualan yang diperoleh perusahaan untuk periode tertentu dalam satuan (unit, total, rupiah). Berhasil atau tidaknya sebuah usaha dapat dilihat dari tingkat volume penjualannya. Maka dari itu, perusahaan harus berusaha untuk menciptakan volume penjualan yang menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan persaingan terhadap volume penjualan pada pedagang keripik pisang di Kabupaten Bireuen. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 200 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Purposive Sampling sebanyak 40 orang. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari angket atau kuesioner yang disebar kepada responden, kemudian data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan program komputer SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi (X1) dan persaingan (X2) berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan (Y) pada pedagang keripik pisang di Kabupaten Bireuen, hal ini ditunjukkan dari hasil uji t variabel promosi diperoleh thitung sebesar 4.651 > ttabel 1,685 dengan sig = 0,000 < 0,05 dan uji t variabel persaingan diperoleh thitung = 3.275 > ttabel = 1,685 dengan nilai sig = 0,002 < 0,05, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat pengaruh signifikan variabel promosi dan variabel persaingan terhadap variabel volume penjualan. Hasil koefisien regeresi (R) sebesar 0,818 sehingga diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,670. Hasil tersebut berarti bahwa tingkat volume penjualan dipengaruhi oleh promosi dan persaingan sebesar 67%, sedangkan 33% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Promosi, persaingan, volume penjualan