PENGARUH TINGKAT PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PEMBELI UNTUK KEMBALI MEMBELI KE TOKO PARFUM CRISTAL BIREUEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh tingkat pelayanan terhadap loyalitas pembeli untuk kembali membeli ke Toko Parfum Cristal Bireuen. Metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 83 responden. Sumber data yaitu data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kajian pustaka, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data adalah pengujian hipotesis meliputi uji autokorelasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengujian statistik pada uji hipotesis yaitu thitung sebesar 7,797 dan ttabel pada tingkat signifikansi 0,05 (uji 2 sisi) sebesar 1,660, menunjukkan bahwa thitung> ttabel (7,797 >1,664), artinya varibel tingkat pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pembeli. Hasil perhitungan nilai F hitung lebih besar dari pada nilai F tabel (60.788 > 3.09). Berdasarkan cara pengambilan keputusan uji simultan dalam analisis regresi dapat disimpulkan bahwa variabel tingkat pelayanan (X) jika diuji berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pembeli Toko Parfum Cristal Bireuen.