Analisis pemasaran kerupuk rengkan di Desa Gampong Raya Dagang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen

Authors

  • Amiruddin Amiruddin Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51179/jsp.v6i1.1732

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Saluran Pemasaran dan keuntungan agen pada Pemasaran Kerupuk Rengkan di desa Gampong Raya Dagang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Penelitian telah dilaksanakan pada tanggal bulan April 2017 sampai dengan selesai penelitian. Analisis biaya pemasaran dan margin pemasaran dalam saluran pemasaran digunakan alat analisis biaya dan margin pemasaran (cost margin analysis) yaitu dengan menghitung besarnya biaya, keuntungan, dan margin pemasaran pada tiap  perantara pada berbagai saluran pemasaran. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Agroindustri kerupuk rengkan di desa Gampong Raya dagang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen memiliki tingkat efisien pemasaran yang baik, dapat dilihat dari hasil perhitungan margin pemasaran pada saluran I dan persentase bagian yang diterima produsen kerupuk rengkan. Dianggap efisien secara ekonomis dikarenakan nilai persentase margin pemasaran yang diperoleh adalah 20% sedangkan bagian yang diterima produsen kerupuk rengkan di desa Gampong Raya dagang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen lebih besar dari 50% yaitu 80%, maka dengan demikian bagian yang diterima oleh produsen kerupuk rengkan di desa Gampong Raya dagang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen adalah efisien.

Kata Kunci : Analisis, Pemasaran, Margin Pemasaran, Biaya Pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianty, N., & Masyhura, M. (2019, October). Strategi Pemasaran Susu Kedelai Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 257-264).

Darmawati, D., Khomsiyah, K., & Rahayu, R. G. (2005). Hubungan Corporate Governance dan kinerja perusahaan. The Indonesian Journal of Accounting Research, 8(1).

Fernandes, Y. D., & Marlius, D. (2018). Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Utama Padang.

Handayani, S. M., & Nurlaila, I. (2011). Analisis pemasaran susu segar di Kabupaten Klaten. Sains Peternakan: Jurnal Penelitian Ilmu Peternakan, 9(1), 41-52.

Hasanuddin, A., Said, M., & Ruslan, M. (2020). Pengaruh Saluran Distribusi, Biaya Pemasaran Dan Volume Penjualan Terhadap Pendapatan Petani Kentang Di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Indonesian Journal of Business and Management, 3(1), 1-10.

Kusuma, H. (2017). Analisis Pemasaran Jamur Merang Lembaga Mandiri Mengakar Masyarakat (Lm3) Agrina di Tanjong Paya Kecamatan Peusangan. Jurnal Sains Pertanian, 1(1), 210791.

Pabbo, B. (2016). Analisis margin pemasaran sapi bali pada kelompok tani ramah lingkungan di Desa Galung Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Jurnal Galung Tropika, 5(2), 130-142.

Soekartawi, A., Dillon, J. L., & Hardaker, J. B. (2002). Prinsip dasar ekonomi pertanian. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Soekartawi, P. A., & Aplikasi, P. T. (2003). Raja Grafindo Persada.

Sudiyono, A. (2002). Pemasaran pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Amiruddin, A. (2022). Analisis pemasaran kerupuk rengkan di Desa Gampong Raya Dagang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Jurnal Sains Pertanian, 6(1), 7–13. https://doi.org/10.51179/jsp.v6i1.1732

Issue

Section

Articles