Analisis komparatif usaha kerupuk tempe dan kerupuk jangek di Desa Cot Gapu Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen

Authors

  • Surya Rahmi Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51179/jsp.v6i2.1743

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Cot Gapu Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, pada bulan November 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pendapatan usaha kerupuk tempe dan kerupuk jangek di Desa Cot Gapu Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis biaya, pendapatan kotor (penerimaan) dan pendapatan bersih (keuntungan). Dari hasil dan pembahasan yang telah diuraikan, diketahui bahwa pendapatan bersih (keuntungan) yang diperoleh usaha kerupuk jangek lebih tinggi dibandingkan rata-rata pendapatan bersih yang diperoleh dari usaha kerupuk tempe. Rata-rata pendapatan bersih yang diperoleh usaha kerupuk jangek sebesar Rp. 11.550.861,-/bulan, sedangkan rata-rata pendapatan bersih usaha kerupuk tempe sebesar  Rp. 6.439.722,-/bulan, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pendapatan antara usaha kerupuk tempe dengan usaha kerupuk jangek di Desa Cot Gapu Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen.

Kata Kunci: Analisis Komparatif, Usaha Kerupuk Tempe dan Kerupuk Jangek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Y., & Khaira, F. (2020). Analisis Pengembangan Home Industry Kerupuk Tempe Di Desa Kubu Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen (Studi Kasus Usaha Bapak Mulyadi). Jurnal Sain Ekonomi dan Edukasi (JSEE), 8(1).

Direktorat Jenderal BPPHP. (2006). Revitalisasi Pertanian Melalui Agroindustri Perdesaan. Jakarta : Departemen Pertanian.

Eko, M. (2009). Agroindustri Berbasis Komunitas: Pendekatan Sosiologis Dalam Menghadapi Krisis Ekonomi Global. In Prosiding Seminar Dan Temu Ilmiah Nasional Revitalisasi Pertanian Dalam Menghadapi Krisis Ekonomi Global (pp. 210-219). Fakultas Pertanian UNS.

Ramlawati, R. (2020). Peranan Sektor Pertanian Dalam Perencanaan Pembangunan Ekonomi Di Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli. Growth Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 173-193.

Rahmawati, R., & Elfiana, E. (2021). Analisis profitabilitas usaha susu kedelai UD. Pengestu di Desa Keude Matang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Jurnal Sains Pertanian, 5(2), 48-53.

Saputra, M., & Hurri, S. (2021). Profitabilitas usaha kerupuk kulit di Desa Sentosa Kecamatan Mutiara Barat Kabupaten Pidie. Jurnal Sains Pertanian, 5(2), 54-59.

Yuniarti, D. (2013). Analisis Persediaan Bahan Baku Kedelai Di Industri Pengolahan Tempe Samodra Kota Surakarta.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Rahmi, S. (2022). Analisis komparatif usaha kerupuk tempe dan kerupuk jangek di Desa Cot Gapu Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Jurnal Sains Pertanian, 6(2), 61–68. https://doi.org/10.51179/jsp.v6i2.1743

Issue

Section

Articles