Strategi pemasaran bumbu masak UD. Gunong Salju di Desa Ulee Tutu Raya Kecamatan Delima Kabupaten Pidie

Authors

  • Hasni Fitri Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh, Indonesia
  • Syarifah Maihani Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.51179/jsp.v6i2.1750

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Ulee Tutu Raya Kecamatan Delima Kabupaten Pidie pada bulan Juni 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, serta menyusun strategi pemasaran bumbu masak di Desa Ulee Tutu Raya Kecamatan Delima Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran umum tentang data yang diperoleh. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis SWOT. Dari hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utamanya adalah merek produk sudah dikenal, sedangkan kelemahan utama adalah kapasitas produksi terbatas. Hasil analisis faktor eksternal, dapat diidentifikasikan peluang utama adalah permintaan konsumen meningkat dan ancaman utama adalah naiknya harga bahan baku. Berdasarkan hasil analisis SWOT alternatif strategi yang sesuai untuk melakukan pemasaran Bumbu Masak Kering di Desa Ulee Tutu Raya Kecamatan Delima  Kabupaten Pidie adalah menggunakan strategi growth oriented yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif yaitu dengan cara memenuhi  permintaan konsumen yang meningkat dengan tetap menjaga kualitas produk agar merek produk semakin dikenal dan memanfaatkan jasa mitra usaha untuk memperoleh bahan baku dan memasarkan produk agar kegiatan produksi dapat terus dilakukan secara kontinyu.

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Bumbu Masak Kering.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrina, A., & Martina, M. (2017). Strategi pemasaran usaha kerupuk tempe di desa blang geulanggang kecamatan peusangan kabupaten bireuen (studi kasus: usaha kerupuk tempe ibu yusnita). Jurnal Sains Pertanian, 1(2), 210877.

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Persaingan terhadap Minat Beli. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415-424.

Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal Ekbis, 9(2), 468-476.

Nuraida, L. (2008). Keamanan Pangan Industri Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Dan Industri Rumah Tangga (IRT) Pangan. Disampaikan pada pra-WNPG (Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi) IX. Jakarta, 17.

Secapramana, L. V. H. (2000). Model dalam strategi penetapan harga. Unitas, 9(1), 30-43.

Shobirin, M., & Ali, H. (2019). Strategi Pengembangan Infrastruktur dalam Meningkatkan Pelayanan Penumpang di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(2), 155-168.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Fitri, H., & Maihani, S. (2022). Strategi pemasaran bumbu masak UD. Gunong Salju di Desa Ulee Tutu Raya Kecamatan Delima Kabupaten Pidie. Jurnal Sains Pertanian, 6(2), 89–95. https://doi.org/10.51179/jsp.v6i2.1750

Issue

Section

Articles