Identifikasi karakteristik petani kakao di Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh

Authors

  • Rita Riani Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, Aceh, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.51179/jsp.v7i2.2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik petani kakao yang meliputi umur, pendidikan, jumlah tanggungan, pengalaman berusahatani dan luas lahan di Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey. Lokasi penelitian ditentukan dengan cara sengaja (purposive) yaitu Kabupaten Pidie Jaya. Lokasi penelitian meliputi 7 (tujuh) kecamatan, yaitu Bandar Baru, Bandar Dua, Trienggadeng, Meureudu, Meurah Dua, Ulim, dan Panteraja,. Pemilihan lokasi ini dilakukan atas dasar bahwa masing-masing kecamatan tersebut merupakan daerah penghasil komoditi kakao. Populasi pada penelitian ini adalah semua petani kakao yang ada di Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh. Pengambilan sampel petani dilakukan dengan metode simple random sampling yakni pengambilan secara acak sederhana. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 101 responden yang berasal dari lokasi keseluruhan kecamatan yang ada di Kabupaten Pidie Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur petani Kakao mayoritas pada usia kerja yang produktif dengan rata-rata umur 40 tahun, yaitu pada sebaran umur 26-56 tahun. Pendidikan rata-rata 8 tahun yang berarti petani Kakao hanya mempunyai tingkat pendidikan formal Sekolah lanjutan Tingkat Pertama (SLTP). Jumlah rata-rata tanggungan keluarga berjumlah 4 jiwa. Pengalaman petani dalam berusahatani kakao tergolong rendah, yaitu 8 tahun berada pada sebaran 0-10 tahun. Luas lahan petani kakoa berada pada kategori sedang (1-3 hektar) dengan rerata 1 hektar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonimous, 2008. Pidie Jaya dalam Angka, BPS Pidie Jaya, Meureudu

Evalia, N. A., Sa’id, E. G., & Suryana, R. N. (2012). Strategi pengembangan agroindustri dan peningkatan nilai tambah gambir di Kabupaten Lima Puluh kota Sumatera Barat. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 9(3), 173-182.

Halimah, S. (2013). Faktor-Faktor Penyebab Penggantian Tanaman Kemiri Menjadi Tanaman Coklat Di Desa Gumpang Lempuh Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues (Doctoral dissertation, UNIMED).

Iqbal, M. (2021). Pengaruh Pemupukan dan Curah Hujan Terhadap Produktivitas Kakao (Theobroma cacao l.) Di PT Perkebunan Nusantara XII Kebun Kendeng Lembu-Banyuwangi (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Jember).

Mulyani, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kopi Robusta Terhadap Peningkatan Pendapatan Ekonomi dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Perkebunan Kopi Robusta Desa Talang Bandung Bawah Kecamatan Sumber Jaya Kabupaten Lampung Barat) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Riani, R. (2023). Identifikasi karakteristik petani kakao di Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh. Jurnal Sains Pertanian, 7(2), 57–61. https://doi.org/10.51179/jsp.v7i2.2014

Issue

Section

Articles