Potensi pengembangan agroforestri di Desa Tapango, Kabupaten Polewali Mandar melalui pendekatan SWOT Analysis

Authors

  • Amiluddin Amiluddin Program Studi Agribisnis, Fakultas Ilmu pertanian, Universitas Al Asyariah Mandar.
  • Ishak Manggabarani Program Studi Agribisnis, Fakultas Ilmu pertanian, Universitas Al Asyariah Mandar
  • Siadina Siadina Program Studi Agribisnis, Fakultas Ilmu pertanian, Universitas Al Asyariah Mandar

DOI:

https://doi.org/10.51179/jsp.v7i3.2154

Abstract

Agroforestri (Wana Tani) merupakan suatu pengelolaan pemanfaatan lahan secara optimal dan lestari, melalui perpaduan antara kegiatan kehutanan dan pertanian dalam unit-unit pengolahan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang usaha agroforestri dan strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan agroforestri di Desa Tapango Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dengan matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (External Factor Analysis Summary) untuk mengidentifikasi faktor lingkungan eksternal dan internal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pengembangan Agroforestri. Untuk menganalisis strategi potensi pengembangan Agroforestri yaitu faktor internal memiliki faktor kekuatan dengan nilai total 1,69 lebih kecil dari faktor kelemahan dengan nilai total 1,87. Hal ini menunjukkan bahwa kekuatan usaha Agroforestri ini lebih sedikit dibandingkan kelemahannya. Sedangkan faktor eksternal memiliki faktor peluang dengan nilai total 1,85 lebih besar dari faktor ancaman dengan nilai total 1,70, hal ini menunjukkan bahwa potensi peluang pengembangan agroforestri sangat besar. Hasil analisis potensi pengembangan agroforestri berada pada kuadran III (Turn Around) yang menunjukkan strategi terfokus pada aspek potensi pengembangan agroforestri dengan strategi W-O (Weakness-Opportunity), memanfaatkan peluang dan mengubah kelemahan menjadi kekuatan tersendiri. Pelaku usaha harus meningkatkan pendekatan kepada LSM atau pemerintah dan meningkatkan kualitas produksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Irmasari, I., Edy, N., & Ramli, R. (2018). Pengelolaan hutan rakyat berbasis agroforestri untuk meningkatkan kesejahteraan petani di sekitar kawasan Taman Nasional Lore Lindu Sulawesi Tengah. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(10), 89-100.

Lasminingrat, L., & Efriza, E. (2020). Pembangunan Lumbung Pangan Nasional: Strategi Antisipasi Krisis Pangan Indonesia. Jurnal Pertahanan dan Bela Negara, 10(3), 243-260.

Rijal, S., Bachtiar, B., Chairil, A., & Ardiansyah, T. (2019). Pengembangan Agroforestry Kopi dalam Mendukung Peran Hutan di Kawasan Highland Kabupaten Jeneponto. Jurnal Hutan dan Masyarakat, 151-162.

Satriawan, H. (2013). Karakteristik dan prospek ekonomi sistem agroforestri di Kabupaten Bireuen Aceh. Lentera: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 13(2), 149420.

Widiyanto, A. (2013). Agroforestry dan peranannya dalam mempertahankan fungsi hidrologi dan konservasi. National Graduate Institute fot Policy Studies. Tokyo. Japan.

Downloads

Published

2023-10-18

How to Cite

Amiluddin, A., Manggabarani, I., & Siadina, S. (2023). Potensi pengembangan agroforestri di Desa Tapango, Kabupaten Polewali Mandar melalui pendekatan SWOT Analysis. Jurnal Sains Pertanian, 7(3), 94–100. https://doi.org/10.51179/jsp.v7i3.2154

Issue

Section

Articles