PENGAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MELALUI STRATEGI PENYELESAIAN SOAL
Abstract
Mengajarkan matematika dengan tugas-tugas yang berbasis soal akan menyebabkan pembelajaran lebih terpusat kepada siswa. Mengajar dengan pendekatan soal akan dimulai dengan ide-ide yang telah dimiliki siswa, dan membangun pemahaman baru menggunakan ide-ide yang telah dimiliki. Pembelajaran berbasis soal akan dibagi menjadi tiga bagian yaitu sebelum, selama dan sesudah pembelajaran. Hasil dari pembelajaran yang diharapkan dalam tulisan ini adalah mengembangkan kepercayaan dari siswa dalam mengerjakan matematika dan menunjukkan bahwa matematika itu logis.
Kata Kunci: Tugas berbasis soal, Pembelajaran berbasis soal
References
Boaler,J & Humphreys, C. 2005. Connecting mathematical idea : Middle School Video Cases to support teaching and learning. Portsmouth, NH : Heinemann
Hiebert, J & Human P, 1997. Making Sense: Teaching and learning mathematics with Understanding. Ports mouth, NH : Heinemann.
Lester, J & Charles, RI. 2003. Teaching mathematics through problem solving : Pre-K to G, Reston, VA : National Council of Teachers of Mathematics.
Reinhart, S. C. 2000. Never say anything a kid can say ! Mathematics Teaching in the Middle School, 5, 478-483.
Van de Walle, John A. 2007. Elementary and Middle School Mathematics, Boston : Pearson Prentice Hall