MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENINGKATAN MUTU GURU

Authors

  • Faizin Faizin

Abstract

Sumber daya sekolah yang kondisi yang cukup diperlukan tetapi tidak untuk meningkatkan prestasi siswa. Kita perlu menyadari bahwa sekolah sebagai unit garis depan pendidikan formal dengan potensi siswa yang berbeda yang perlu berbagai layanan pendidikan dan kondisi lingkungan yang berbeda satu sama lain, maka sekolah harus dinamis dan kreatif dalam melaksanakan perannya untuk berusaha peningkatan kualitas pendidikan. Ini hanya dapat dilakukan ketika sekolah diberi kesempatan untuk mengatur dan mengelola sendiri, berdasarkan kondisi lingkungan dan kebutuhan anak didik. Pendapat ini telah mendorong adanya pendekatan baru, bahwa masa depan, manajemen peningkatan mutu pendidikan harus didasarkan pada sekolah sebagai front liner dalam kegiatan pendidikan. Pendekatan ini dikenal sebagai Berbasis Manajemen Mutu Sekolah atau dalam nuansa yang memiliki karakter pembangunan yang lebih, itu disebut Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Program ini berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan melalui pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah, yang didasarkan pada tiga komponen utama; mengembangkan manajemen pendidikan terbuka dan transparan, pengembangan kurikulum berbasis pada metode pembelajaran aktif dan efektif dengan nuansa lokal, dan mengembangkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dengan membangun rasa kepemilikan di sekolah-sekolah.

 

Kata kunci: pendidikan, manajemen, sekolah, kualitas

References

Amir, Muhammad. 2006. Raising the Quality of Education with Radio MBS: Encouraging Student Creativity and Innovation. South Sulawesi: Celebes Journal

Brodjonegoro, Satryo Sumantri. 2006. Rambu-rambu Pemyelengggaraan Pendidikan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi.

Rose, Leslie. 2006. Prakarsa Pendidikan untuk Indonesia dari President Bush. Jakarta: U.S Agency for International Development.

Satrio, Panji. 2006. Cetak Guru Teknologi Informasi. Jakarta: Suara Merdeka.

Suryadarma, Daniel; Rogers, Halsey F. 2005. Penentu Kinerja Murid Sekolah Dasar di Indonesia: Peranan Guru dan Sekolah. Jakarta: Smeru Research Institute.

Umaedi. 1999. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Sebuah pendekatan baru dalam pengelolaan sekolah untuk peningkatan mutu. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Published

2018-12-18