MENULIS FIKSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EFEKTIF UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI
Abstract
Pada hakikatnya menulis fiksi adalah menulis kreatif, yaitu menulis dengan maksud mengungkapkan perasaan atau emosi. Pembelajaran menulis fiksi mencakup menulis puisi, cerpen, dan drama. Pembelajaran menulis ini merupakan suatu upaya untuk merangsang kepekaan siswa dalam mengungkapkan perasaan mereka. Kegiatan belajar menulis fiksi perlu mendapat perhatian besar dari guru SD sejalan dengan fungsinya sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar siswa sehingga kelak mereka tidak hanya menjadi manusia yang cerdas secara intelektual tetapi juga menjadi manusia yang cakap secara emosional. Model- model pengajaran menulis fiksi adalah cara-cara yang diterapkan dalam mengajak siswa mengekspresikan emosi atau perasaannya. Dengan pemilihan model yang tepat dan sesuai diharapkan siswa leluasa dan mudah dalam menguasai menulis fiksi.
Kata Kunci: Menulis Fiksi, Model Pembelajaran yang efektif
References
Yeti, Mulyati. 1998. Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra di Kelas Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sadiman, Arif. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soemardjo, Yacob. 1998. Apresiasi Kesustraan. Jakarta: Gramedia.