EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS I DI SMPN KABUPATEN BIREUEN

Authors

  • Rahmi Rahmi Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran Biologi kelas I di SMPN dalam Kabupaten Bireuen yang difokuskan pada pengetahuan dan keterampilan guru mengajar, fasilitas dan sarana pembelajaran, metode yang dipakai, dan literatur yang dipakai. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif statistik sederhana, yaitu serangkaian proses pengumpulan data, menganalisis data dan mengambil kesimpulan. Populasi dari penelitian ini adalah semua guru Biologi yang mengajar di kelas I SMP Negeri yang ada dalam Kabupaten Bireuen yang berjumlah 58 sekolah. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh sekolah dalam populasi yaitu guru yang mengajar mata pelajaran Biologi di kelas I SMP Negeri yang ada dalam Kabupaten Bireuen yang berjumlah 58 sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket. Data dianalisis secara presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan proses pembelajaran biologi kelas I di SMPN dalam Kabupaten Bireuen telah terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari terlaksananya beberapa komponen penting dari proses pembelajaran dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa proses evaluasi siswa pada pembelajaran biologi pada pengetahuan dan keterampilan guru mengajar, fasilitas dan sarana pembelajaran, metode yang dipakai, dan literatur yang dipakai sudah sangat baik.

 

Kata kunci : Evaluasi proses  pembelajaran biologi

References

Arsyad, A. 2013. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, S, B dan Aswan Zain. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Kamars, D, H, M. 2013. Sistem Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi Suatu Studi Perbandingan Antar Beberapa Negara. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyasa, E. 2011. Kurikulum Berbasis Kompetensi:Konsep, karakteristik, implementasi dan inovasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto, B. 2011. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suryosubroto, B. 2012. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wragg, E.C. 1996. Pengelolaan Kelas. Terjemahan oleh Anwar Jasin. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Published

2016-03-08