PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PEUSANGAN

Authors

  • Yessi Kartika Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim

Abstract

Untuk memperoleh hasil pembelajaran matematika yang lebih baik, model Problem Based Instruction dipandang dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga penulis mengambil judul skripsi “Perbedaan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Problem Based Instruction dengan Pembelajaran konvensional Pada Materi Geometri Di Kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah komparatif. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa dengan  menggunakan kedua model pembelajaran tersebut. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Peusangan, dengan jumlah 5 kelas dan sampel penelitian, yaitu siswa kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa dengan instrument penelitian yang digunakan berupa tes tertulis, data dianalisis menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 dan diperoleh nilai akhir thitung < ttabel yaitu -0,16 < 1,67 ,maka dapat disimpulkan bahwa kriteria pengujian  H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model Problem  Based Intruction sama dengan hasil belajar yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi geometri di kelas XI SMAN 1 Peusangan.

 

Kata Kunci: Problem Based Instruction dan konvensional

References

Anur, Muhammad Salafudin. 2008. “Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Akidah Akhlak Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Pada Siswa Kelas Viib Mts Sultan Fatah Gaji Guntur Demak Semester 2 Tahun Ajaran 2007/2008”. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Mts Darul Ulum.

Apriliyanto, Broto dkk. 2010. Buku Ajar Matematika Program IPA Untuk SMA/MA. Solo: CV. Sindunata.

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Departemen pendidikan Nasional: Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat ketenagaan.

Djamarah dan Zain. 2002. Srategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim dan M.Nur. 2005. Pengajaran Berdasarkan Pemecahan Masalah. Surabaya: Unessa Press

Subana M, Sudrajat. 2001. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana.2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wirodikromo, Sartono. 2006. Matematika Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Yulianti, Nunung Tri. 2011. “Pengaruh Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) Berbantuan CD Interaktif terhadap Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Kelas XI Semester II. Thesis tidak diterbitkan. Semarang: Universitas negeri Semarang.

Published

2016-03-08