PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA MATERI LENSA DAN CERMIN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS XI IPA. H SMA NEGERI 1 BIREUEN TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Hasil penelitian ini menyangkut dengan Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Pada Materi Lensa dan Cermin Melalui Strategi Pembelajaran Quantum Teaching yang berjudul “Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Pada Materi Lensa dan Cermin Melalui Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas XI- IPA H SMA Negeri 1 Bireuen Tahun Ajaran 2014/2015.” Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Pada Materi Lensa dan Cermin Melalui Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas XI- IPA H SMA Negeri 1 Bireuen Tahun Ajaran 2014/2015. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui nilai siswa, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Sumber data dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA. H SMA Negeri 1 Bireuen yang bejumlah 36 orang. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 11 orang (30,55%) sedangkan siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 25 orang (69,45%), ditinjau dari segi hasil observasi terhadap kegiatan guru yang dilakukan oleh pengamat I diperoleh persentase adalah 76,36% dan pengamat II diperoleh persentase adalah 72,72%. Hasil observasi terhadap kegiatan siswa yang dilakukan oleh pengamat I diperoleh persentase adalah 68,33% dan pengamat II diperoleh persentase adalah 70%. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh pengamat I dan II terhadap kegiatan guru dan siswa diperoleh persentase rata-rata adalah 71,85%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 4 orang (11,12%) sedangkan siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 32 orang (88,88%), ditinjau dari segi aktifitas guru dan siswa yang dilakukan oleh pengamat persentase rata-rata adalah 82,68%. Dengan demikian pemanfaatan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan aktifitas belajar mengajar pembelajaran penguasaan konsep pada materi Lensa dan cermin di kelas XI IPA. H SMA Negeri 1 Bireuen . Kata Kunci: Prestasi Belajar Fisika, Materi Lensa dan Cermin, Strategi Pembelajaran Quantum Teaching.References
Asrori, Mohammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.
Ahmad Tafsir. 2008. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. Bandung: Maestro.
AG. Pringgodigdo dkk. 1993. Ensiklopedi Umum, Yogyakarta : Yayasan Kanisuius Arsyad.
Azhar. 1997. Media Pengajaran. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa Bobby De Porter. 2003.
Quantum Teaching, Terjemahan oleh Ary Nilandari Cet. XI. Bandung : Kaifa Dave Maier. 2001.
Accelerated Learning (Cet.I), terjemahan oleh Astuti. Bandung : Kaifa Depdiknas, 2006.
Standar Kompetensi mata pelajaran Fisika SMA. Jakarta Goleman, Daniel. 2000.
Emotional Intelligence (terjemahan). Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama. Gordon Dryden. 2004.
Revolusi Cara Belajar. Terjemahan Ari Nilandari Cet. VIII : Bandung: Kaifa Joni , T. R. 1992.
Pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif. Jakarta : Universitas Terbuka Kathy Wagone. 2004.
Seni Meraih Sukses Sederhana, terjemahan oleh Arman Prayitno. Batam : Interaksara.
Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja.
Rosdakarya Noelle C. Nelson, Jeannine L. Calaba, 2005. The Power of Appreciation. Terjemahan oleh Yulianto Rahmat. Jakarta: Buana Ilmu Populer Rahadi.
Aristo. 2004. Media dalam Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara Susilana.
Rudi & Riyana, Cepi. 2007. Media Pembelajaran : Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian, Bandung : Wacana Prima.