UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI PERUSAHAAN JASA MELALUI PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 BIREUEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Nurlaila Nurlaila SMA Negeri 1 Bireuen

Abstract

Penelitian ini dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi pada Materi Berbagai Perusahaan Jasa Melalui Pendekatan CTL pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Bireuen Tahun Pelajaran 2015/2016” yang dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan model pembelajaran Ekonomi dalam menyampaikan materi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi Perusahaan Jasa melalui pendekatan CTL bagi siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bireuen tahun pelajaran 2015/2016. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus penelitian yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, hasil wawancara, dan refleksi.Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan 1 kelas yaitu siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bireuen Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan pre-test pada siswa untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum pembelajaran, selanjutnya dikenakan perlakuan pendekatan CTL pada materi perusahaan jasa selama 2 jam pelajaran dengan 1 kali pertemuan. Setelah selesai pembelajaran, diberikan post-test untuk mengetahui peningkatan prsestasi belajar siswa. Tes akhir tindakan siklus I diperoleh siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 9 orang (28,13%) sedangkan siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 23 orang (71,87%), hasil observasi yang dilakukan oleh pengamat I dan II terhadap kegiatan guru dan murid diperoleh persentase rata-rata adalah 74,16. Sedangkan tes akhir tindakan siklus II diperoleh bahwa siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 4 orang (12,5%) sedangkan siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 28 orang (87,5%), hasil observasi yang dilakukan oleh pengamat I dan II terhadap kegiatan guru dan siswa diperoleh persentase rata-rata adalah 84,16%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perusahaan jasa di kelas XII SMA Negeri 1 Bireuen. Kata kunci: Perusahaan Jasa, Pendekatan CTL.

References

Asrori, Mohammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.

Edukasi, 2010. Pengertian Bakat, Intelegensi, berpikir, dan belajar. (online), (http://edukasi.kompasiana.com/2010/12/07/pengertian-bakat-intelegensi-berpikir-dan-belajar).

Kardiman. 2002. Ekonomi Untuk Kelas XII SMA. Jakarta: Yudistira.

Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah, 2003. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, 1992. Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bina Rupa Aksara.

Purwanto, 2010. Evaluasi Prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenada.

Sumarna. 2009. Pendekatan CTL. (online) (http://sekolah.triguna-utama.info/kumpulan-artikel/artikel-pendidikan/117-pendekatan-ctl.html).

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Published

2015-10-30

Issue

Section

Artikel