PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE RELEVANCE INTEREST ASSESMENT SATIS-FACTION (ARIAS) DENGANDREADLINES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMA TIKA SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI MAN KRUENG GEUKUEH
Abstract
Kesulitan dalam memahami materi statistika, masih banyak dialami oleh Siswa kelas XI MAN KruengGeukueh sehingga hasil belajar siswa pada materi tersebut rendah. Hal ini disebabkan karena pola pembelajaran yang tidak sesuai. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasinya adalah model Assurances relevance Intertest assesmentsatisfaction(ARIAS)dan dreadlines. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model Assurances relevance Intertest assesmentsatisfaction(ARIAS)dan dreadlinespada materi Statistika di kelas XI MAN KruengGeukueh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN KruengGeukuehyang terdiri atas enam kelas dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 116orang siswa. Sampel yang diambil hanya 2 kelas, yaitu kelas XI IPA2 sebagai kelas Assurances relevance Intertest assesmentsatisfaction(ARIAS)dengan jumlah siswa 24 orang dan XI IPA3 sebagai kelas dreadlinesdengan jumlah siswa 22 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, sedangkan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata tes akhir kelas Assurances relevance Intertest assesmentsatisfaction(ARIAS)adalah 69 sedangkan kelas dreadlinesadalah 57. Nilai t yang diperoleh pada α= 0,05 yaitu thitung>ttabel (10,18> 1,68). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model Assurances relevance Intertest assesmentsatisfaction(ARIAS)lebih baik dari pada yang diajarkan dengan model dreadlinespada materi Statistika.
Â
Kata Kunci: Assurances relevance Intertest assesmentsatisfaction (ARIAS), Dreadlines, Hasil Belajar.
References
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: RafikaAditama.
Metzeed. Pembelajaran Dreadlines. (Online). http://metzeedcolection.blogspot.com/2012/02/dread-line.html)diakses tgl 11 Februari 2015
Silberman, Mel. 2009. 101 strategi pembelajaran active. Yogyakarta: Yappendis.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Suherman, Erman, Dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sopah, D. (2007). Model Pembelajaran ARIAS. Disertasi. PPS-IKIP Jakarta. (Online). (http:gurupkn.wordpress.com)/2007/12/22/Model-pembelajaran-arias, diakses 15 juni 2013
Silviana, Zurroh. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran ARIAS BerbasisPemecahan Masalah Dan Pembelajaran Terbalik DenganMedia Geogebra Ditinjau dari Hasil BelajarMatematika. Semarang: IKIP PGRI Semarang.
Sa’adah, WidayantiNurma. 2010. Peningkatan Kemampuan Penalaran MatematisSiswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapandalam Pembelajaran Matematika MelaluiPendekatan Pendidikan Matematika RealisticIndonesia (PMRI). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta