PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PEUDADA

Authors

  • Aisyah A Rahman Prodi Pendidikan Geografi Universitas Almuslim
  • Susi Yanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan besarnya pengaruh dari  gaya  belajar  visual, gaya  belajar auditorial, dan gaya  belajar kinestetik secara sendiri -sendiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Negeri 1 Peudada. Penelitian  ini  termasuk penelitian asosiatif. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala  Likert. Pengambilan keputusan uji hipotesis ini dilakukan dengan  cara  menguji  keberartian  dari  koefisien arah regresi, dalam hal ini dilakukan dengan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat  pengaruh  yang  positif dan  signifikan  gaya  belajar  visual  terhadap  hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Peudada yang dibuktikan dengan Fhitung = 9,091 maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan  kontribusi  gaya belajar visual terhadap hasil belajar IPS Terpadu sebesar  8,35%; (2) Terdapat  pengaruh yang positif dan  signifikan gaya  belajar  auditorial terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Peudada yang dibuktikan  dengan  Fhitung =  4.064 maka  Ho ditolak dan Ha diterima dengan  kontribusi gaya belajar  auditorial  terhadap hasil belajar  IPS Terpadu sebesar 4,53%; (3) Terdapat  pengaruh  yang positif dan signifikan gaya belajar  kinestetik terhadap  hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Peudada yang dibuktikan dengan Fhitung = 10,019 maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan kontribusi gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar IPS Terpadu sebesar 5,15%;

 

Kata kunci: Gaya Belajar, Hasil  Belajar.

References

Afrizal. 2009. “Pengaruh Gaya Belajar (Visual, Auditorial, dan Kinestetik) Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Depok Tahun Ajaran 2008/2009â€. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY. Online ( diakses tanggal 9 November 2015)

DePorter, Bobbi & Mike Hernacki.2002. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa. Online (diakases tanggal 9 November 2015 )

Hamzah B. Uno. 2008. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Online ( di akses tanggal 10 November 2015)

Yamane. 2005. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

S. Nasution. 2003. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Published

2016-11-29