UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MELALUI PENERAPAN PETA KONSEP PADA MATERI EKOSISTEM DI SMP NEGERI 2 PEUDADA

Authors

  • Nursani Nursani SMP Negeri 2 Peudada

Abstract

Penelitian ini dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Peta Konsep pada Materi Ekosistem di SMP Negeri 2 Peudada†yang dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan model pembelajaran dalam menyampaikan materi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Peta Konsep pada Materi Ekosistem di SMP Negeri 2 Peudada. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus penelitian yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, hasil wawancara, dan refleksi.Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan 1 kelas yaitu siswa kelas VII/A SMP Negeri 2 PeudadaTahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan pre-test pada siswa untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum pembelajaran, selanjutnya dikenakan perlakuan metode peta konsep pada materi ekosistem selama 3 jam pelajaran dengan 1 kali pertemuan. Setelah selesai pembelajaran, diberikan post-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Tes akhir tindakan siklus I diperoleh siswa yang tidak  mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 15 orang (68,18%) sedangkan siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 7 orang (31,82%), hasil observasi terdapat aktivitas peneliti pada tindakan siklus I mencapai skor 72,72% dan hasil observasi aktivitas siswa mencapai 71,85%. Sedangkan tes akhir tindakan siklus II diperoleh siswa yang tidak  mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 3 orang (13,64%) sedangkan siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 19 orang (86,36%), hasil observasi terhadap aktivitas peneliti pada tindakan siklus II memperoleh skor 84,54% dan hasil observasi aktivitas siswa mencapai 88,18%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII/A SMP Negeri 2 Peudada semester I Tahun Ajaran 2014/2015 pada materi ekosistem.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Penerapan Peta Konsep, Materi Ekosistem

References

Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ridwan. 2003. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhibbin. 2003. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Subana. 2005. Statistik Pendidikan. Edisi ke II. Bandung: Pustaka Setiawan

Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung:Tarsito.

Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Prose belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Zainal, Umar E, M. Toha. 2004. Biologi Umum. Banda Aceh: CV Pustaka Tunggal Banda Aceh.

Published

2017-01-01