PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADAMATERI PERSAMAAN LINGKARAN
Abstract
Ketidakmampuan siswa dalam menjelaskan prosedur penyelesaian disebabkan oleh rendahnya kemampuan Pemecahan masalah siswa sehingga menjadi suatu masalah dalam pembelajaran matematika, oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Novick Berbantuan Media Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Persamaan Lingkaran di kelas XI SMA Negeri 1 Samalanga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam ini aalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Samalanga yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang diambil hanya 2 kelas yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 21 orang dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan siswa berjumlah 23 orang. Sampel dipilih dengan cara acak. Data dianalisi dengan t-tes dan lembar observasi. Hasil penelitian dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh t-hitung > t-tabel (2,26 > 1,68), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran Novick berbantuan media Geogebra lebih baik daripada yang diajarkan dengan model pembelajran konvensional. Perbedaan hasil tersebut dapat dilihat pada nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas Xi IPA 1 sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Novick berbantuan Media Geogebra ( dan siswa kelas XI IPA 2 sebelum dan sesudah model konvensional (. Denagan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran Novick berbantuan media Geogebra dan penggunaan pembelajaran konvensional.References
Arikunto, S. (2006).Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara : Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2003.Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika.
Jakarta Pusat kurikulum. Balitbang Depdiknas.
Firdaus.Kemampuan-pemecahan-masalah-matematika. (online) (http://madfirdaus.wordpress.com), diakses 23 November 2015
Natsir, Muhammad. (1997) Strategi penggunaan model pembelajaran novick untukmeningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa tentang listrik dalam pembelajaran IPAdi SD. Tesis SPs UPI Bandung. Tersedia pada http://perpustakaan.upi.edu/natsir.1997-tesis.framework. (diakses pada tanggal 28 November 2013)
NCTM (2000).Principles and Standards for school Matematics. Reston, Virginia: TheNationalCouncil of teachers of mathematics,inc
Roestiyah. 2008. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta : Rineka Cipta.
Ruseffendi. 1991. Pengantar kepada guru mengembangkan kompetensinya dalam mengajarmatematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.
Sudjana, Nana.2005. Metode statistic.Bandung : Tarsito.
Wirodikromo.Sartono. 2006. Matematika. Jakarta : Erlangga