MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI MEMAHAMI MANUSIA DALAM DINAMIKA INTERAKSI DENGAN LINGKUNGAN ALAM, SOSIAL, BUDAYA, DAN EKONOMI PADA KELAS IV SD NEGERI 1 JEUNIEB

Authors

  • Ahmad Ahmad Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim, Bireuen
  • Cut Sri Mentari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim, Bireuen

Abstract

Rendahnya kemampuan komunikasi siswa kelas IV SD Negeri 1 Jeunieb pada pelajaran IPS materi memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi. Tujuan dalam penelitian untuk peningkatan komunikasi siswa dan aktivitas guru dan siswa dalam materi memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Jeunieb. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1Jeunieb berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpalan data melalui tes lisan, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kemampuan komunikasi, observasi. Hasil penelitian yang diperoleh pada tindakan I diperoleh 51,72% dan tindakan II diperoleh 82,76% mengalami peningkatan sebesar 31,04. Aktivitas belajar mengajar antara guru dan siswa telah berlangsung dengan baik. Hasil wawancara beberapa siswa diperoleh bahwa pembelajaran yang dilaksanakan mengggunakan pendekatan saintifik sudah sangat baik. 

References

Tarigan, Guntur, H. 2007. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa Bandung.

Noor, Mohammad. 2010. Penanganan Siswa Bermasalah. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan.

Aw, Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Astuti, Puji, P. 2012. Efektivitas Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Pada Anak. Fakultas Psikologi. Universitas Ahmad Dahlan: Jl Kapas No.9 Yogyakarta ([email protected])

Zuhri, Saifuddin. 2010. Public Speaking. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sapriya. 2011. Pendidikan IPS. Bandung. PT Remaja Rosdakarya Pengembangan Profesi Pendidik, Tim. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.

Pengembangan Profesi Pendidik, Tim. 2014. Materi Pelatihan Guru ImplementasiKurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran

Dewi, Luh. 2015. Penerapan Pendekatan Saintific Dengan Penilaian Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Siswa kelas IV SD. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3. Nomor 1.

Arikunto, Suharsimi. 20010. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rodaskarya

Sanjaya, Wina. 2008.Perencanaana Dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung:Kencana Prenada Media Group.

Aunurrahaman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan,Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offest.

Sapriya (2008). Pendidikan IPS. Laboratorium Pkn : Universitan Pendidikan Indonesia Bandung.

Nulfita. 2015. Implementasi Saintifik dan Karakter dalam Pembelajaran Sians Menyongsong Generasi Emas Indonesia. Email. [email protected]

Published

2017-05-01

Issue

Section

Artikel