PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ANALISIS VEKTOR UNTUK GERAK PARABOLA DAN GERAK MELINGKAR MELALUI METODE TIPE GROUP INVESTIGATION

Authors

  • Susi Inda Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Bireuen

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan pendekatan ilmiah (scientifict approach) pada materi Analisis vektor untuk gerak parabola dan gerak melingkar di kelas XI Ilmu-Ilmu Sosial 1 SMA Negeri 2 Bireuen tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Ilmu-Ilmu Sosial 1 SMA Negeri 2 Bireuen semester I tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing masing siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, dan hasil penilaian sikap siswa yang diperoleh melalui rubrik penilaian sikap. Hasil dari penelitian ini yaitu jumlah siswa yang mendapat nilai dengan predikat ≥ (B-) pada siklus 1 sebanyak  77,14% siswa dan rata-rata hasil penilaian sikap siswa sebesar 64,76% siswa yang tuntas, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85,71% atau 30 dari 35 siswa dan penilaian sikap siswa terus mengalami peningkatan pada tiap siklus. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika melalui model pembelajaran GI dengan pendekatan ilmiah sangat efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Analisis vektor untuk gerak parabola dan gerak melingkar di kelas XI Ilmu-Ilmu Sosial 1 SMA Negeri 2 Bireuen tahun pelajaran 2014/2015. Saran yang dapat diajukan adalah diharapkan kepada guru agar dapat menerapkan pembelajaran tersebut dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dan juga sekaligus untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya materi analisis vektor untuk gerak parabola dan gerak melingkar maupun materi lain.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Fisika, Group Investigation, Pendekatan Ilmiah.

References

Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Anni, Tri Chatarina. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: Ikip Semarang Press.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa_University Press.

Khalim, Abdul. Dkk. 2004. Sains Fisika. Jakarta: Bumi Aksara

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning. Boston: Allyn Bacon

Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius

Suyitno, Amin. 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika. Semarang: UNNES

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Published

2017-08-01