PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT

Authors

  • Yessi Kartika Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim, Bireuen

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa SMAN I Peusangan Siblah Krueng dan aktifitas siswa merupakan suatu masalah yang mendasar di SMAN I peusangan siblah Krueng . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model pembelajaran probing prompting berbantuan mrdia geogebra terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi persamaan dan pungsi kuadrat di kelas X SMA N I Pesangan SIblah Krueng . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatf , populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas  X IPA Negeri I Peusangan Siblah Krueng yang terdiri dari 3 kelas . Sampel dipilih secara acak. Sampel yang diambil hanya 2 kelas yaitu X IPA I sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 orang dan kelas X IPA 2 sebagai kelas control dengan siswa berjumlah 22 orang. Data dinalisis dengan tes dan lembar observasi . hasil penelitian dengan pengujian hipotesis menggunakan uji  t pada taraf siknifikan a =0,05 diperoleh t- hitung> t- table ( 1,77 >1,68 ), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa antara yang diajarkan dengan model pembelajaran probing Prompting berbantuan media geogebra lebih baik dari pada yang di ajarkan dengan model  konvensional. Perbedaan hasil tersebut dapat dilihat pada nolai rata – rata yang diperoleh siwa kelas X IPA I sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran probing prompting ( X1 = 47 dan 84,14) dan siswa kelas  X IPA 2 sebelum dan sesudah model konvensional  (X2=45,32 dan 79,05 ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran probing  prompting berbantuan media geogebra dan penggunaan pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci              : Kemampuan berpikir kreatif, model pembelajaran probing

                               prompting, media geogebra dan pembelajaran

                               konvensional.

References

Ahmadi. 2004.Psikoligi Belajar.Jakarta:rineka cipta.

Moleong, J, Lexy, Dr. 2007. Metodeologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Moleong, G, Lexy. 2009. Metodeogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Trianto, (2011).Mendisain model pembelajaran inovatif-progresif.Edisi 4. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Hamalik, O. (2010). Proses belajar mengajar. Bandung. Bumi aksara

Siwono, Tatag. Y.E. 2008.Model pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif. Surabaya: Unipress

Pujiati. 2004. Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Yogyakarta. Depdiknas

Published

2017-08-01