PENGARUH PENERAPAN PENGAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PENYELESAIAN SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI TRASFORMASI LAPLACE DI SEMESTER II JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE

Authors

  • Suherman Suherman Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar mahasiswa jurusan teknik Elektro pada materi transformasi laplace. Salah satu sebab rendahnya hasil belajar adalah karena sebagian besar  mahasiswa tidak memahami dengan baik konsep dasar transformasi laplace. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan pengajaran matematika melalui strategi penyelesaian soal terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi Transformasi Laplace di semester II jurusan teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan pretest-posttest control group design. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda (uji t). Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa thitung = 2,94 dan ttabel = 1,70 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 35. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan pengajaran matematika melalui strategi penyelesaian soal berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi Transformasi Laplace di semester II jurusan teknik Elektro  Politeknik Negeri Lhokseumawe.

 

Kata Kunci: hasil belajar, strategi penyelesaian soal, Tranformasi Laplace

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Boaler,J & Humphreys, C. 2005. Connecting mathematical idea : Middle School Video Cases to support teaching and learning. Portsmouth, NH : Heinemann

Hiebert, J & Human P, 1997. Making Sense: Teaching and learning mathematics with Understanding. Ports mouth, NH : Heinemann.

Lester, J & Charles, RI. 2003. Teaching mathematics through problem solving : Pre-K to G, Reston, VA : National Council of Teachers of Mathematics.

Reinhart, S. C. 2000. Never say anything a kid can say ! Mathematics Teaching in the Middle School, 5, 478-483.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Van de Walle, John A. 2007. Elementary and Middle School Mathematics, Boston : Pearson Prentice Hall

Published

2017-08-01