ANALISIS TINGKAT KESUKARAN BUTIR SOAL UJIAN NASIONAL (UN) IPA SMP TAHUN AJARAN 2014/2015 DI KABUPATEN ACEH TENGGARA

Authors

  • Nadia Aldyza Prodi Pendidikan Biologi Universitas Gunung Leuser
  • Afkar Afkar Prodi Pendidikan Biologi Universitas Gunung Leuser
  • Dessy Andani Prodi Pendidikan Biologi Universitas Gunung Leuser

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesukaran butir soal Ujian Nasional (UN) IPA SMP Tahun Ajaran 2014/2015 di Kabupaten Aceh Tenggara. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah naskah soal Ujian Nasional (UN) mata pelajaran IPA SMP Tahun Ajaran 2014/2015. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan formulasi Indeks Kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, analisis tingkat kesukaran butir soal Ujian Nasional (UN) IPA SMP Tahun Ajaran 2014/2015 di Kabupaten Aceh Tenggara memiliki kategori soal yang sukar sebesar 3%, kategori soal yang mudah sebesar 5% dan kategori soal yang sedang sebesar 92%. Hal ini menandakan bahwa kualitas soal UN sangat baik.

 

Keywords: Analisis butir soal, indeks kesukaran, ujian nasional

References

Amalia, N.A, A. Widayati. 2012. Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas XII SMA Mata Pelajaran Ekonomi Akutansi di Kota Yogyakarta Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, X (1): 1-26.

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga, Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara. 2014. Daftar Sekolah SMP dan SMA Berdasarkan Jumlah Nilai Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015. Kutacane. Aceh Tenggara.

Ghofur Abd. 2014. Mereposisi Mainstream dan Dampak Psikologis Ujian Nasional, Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1): 34-41.

Nadwa. 2013. Ujian Nasional, Dulu, Kini dan yang akan datang: Tinjauan Normatif, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1): 162-180.

Sutiadi, A., R. Kurniawati. 2015. Analisis Butir Soal Ujian Nasional SMA Bidang Fisika Tahun 2014 Menggunakan Taxonomy of Introductory Physics Problem. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng & DIY, Yogyakarta.

Yusrizal., Muhibbudin., Maulida. 2015. Analisis Indeks Kesukaran Daya Pengembangan Item Tes Pada Konsep Sel Tingkat Sekolah Menengah Atas, Jurnal EduBio Tropika, 3(1): 1-50.

Published

2018-02-01