KUALITAS KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM MERENCENAKAN PEMBELAJARAN MICROTEACHING

Authors

  • Rahmi Rahmi Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim
  • Aisyah A Rahman

Abstract

Penelitian tentang kualitas keterampilan mahasiswa dalam merencanakan pembelajaran microteaching di FKIP universitas almuslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas keterampilan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Populasi penelitian seluruh mahasiswa FKIP semester VII yang sedang memogramkan matakuliah PPL tahun akademik 2016/2017. Sedangkan sampel penelitian di ambil secara random sebanyak 20% dari jumlah populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan oleh mahasiswa yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Mahasiswa (LKS) dan Alat Evaluasi, kemudian di ukur kualitas keterampilan dalam pengembangannya dan disuaikan dengan indikator ketiga perangakat tersebut. Data di analisis dengan menggunakan statistik sederhana, yaitu menghitung persentase kualitas keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran. hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas keterampilan mahasiswa dalam merencanakan pembelejaran microteaching sudah di ketegori baik yaitu pada pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKS), namun pengembnagan Alat Evaluasi oleh mahasiswa masih di kategorikan cukup baik, hal ini perlu dilakukan pembekalan dan bimbingan yang lebih kreatif lagi, agar pedagogik dan kompetensi profesional dapat diterima oleh masyrakat sekolah.

 

Kata Kunci:  Kualitas Keterampilan Mahasiswa dalam Merencenakan Pembelajaran Microteaching

References

Anggraieni, S.(2014). Sudahkan Calon Guru Biologi Merencanakan Pembelajaran Biologi yang Sesuai Dengan Hakikat Sains?. Jurnal Sains Biologi. FPMIPA UPI.

Departemen Pendidikan nasional. (2015). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2012 Tentang Standar Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fadly, A. (2015). Pengaruh prestasi belajar microteaching dan bimbingan guru pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa dalam program pengalaman lapangan (PPL) Prodi Pendidikan Tata Niaga FE Unimed. Prosiding Seminar Nasional pendidikan Ekonomi & bisnis. Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Moerdiyanto. (2015). Artikel Jurnal Micoteacing. Fise UNY

Novitasari, F., Ngadiman, & Sri, S. (2013). Pengaruh program pengalaman lapangan terhadap kesiapan mahasiswa Prodi Ekonomi FKIP UNS menjadi tenaga pendidik. Jurnal Pendidikan UNS, 1 (2), 1-13.

Semiawan, Conny., et al. (2010). Pendekatan Keterampilan Proses “Bagaimana Mengaktifkan siswa dalam Belajar? “(6 th ed). Jakarta: PT. Gramedia.

Sukmadinata, S, N. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Published

2018-01-01