UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SD NEGERI 1 NISAM PADA MATERI KEPAHLAWANAN DAN PATRIOTISME
Abstract
Penyebab rendahnya hasil belajar kognitif siswa disebabkan kurangnya interaksi serta tidak terjalinnya hubungan yang baik antara guru dan siswa sehingga proses belajar mengajar secara individu dan pada akhirnya proses pembelajaran cendrung tidak maksimal.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsawuntuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi patriotisme dan kepahlawanan, aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, respon siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas IV SD Negeri 1 Nisam. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Analisis data hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada tindakan I perolehan nilai rata-rata 42,31% dan tindakan II menjadi perolehan nilai rata-rata73,08%, hasil untuk aktivitas guru perolehan nilai rata-rata 81,25% pada tindakan I dan perolehan nilai rata-rata 94,38% pada tindakan II, sedangkan aktivitas siswa yaitu perolehan nilai rata-rata73,63% pada tindakan I dan perolehan nilai rata-rata 91,25% pada tindakan II untuk aktivitas siswa.Respon siswa melalui model kooperatif tipe Jigsawpada materi patriotisme dan kepahlawanan menunjukkan hasil yang sangat baik
Â
Kata Kunci : Hasil Belajar Kognitif, Model Kooperatif tipe Jigsaw, materi patriotisme dan kepahlawanan
References
Arikuto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka
Daryanto.2010. Belajar dan mengajar.Bandung: Yrama Widya
Hamlik,O.2005. Proses Belajar Mengajar . Bandung : Bumi Aksara
Hamlik,O.2010. Proses Belajar Mengajar . Bandung : Bumi Aksara
Hamzah. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di BidangPendidikan. Jakarta: Bumi aksara
Ibrahim.2003. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Unesa University Press.
Moleong, (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Robert N.Vijay Govindarajan, 2005, Sistem Pengendalian Manajemen, Penerbit Salemba Empat, Edisi Sebelas, Jakarta
Slameto.2003.Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta
Sutrisno. 2008. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta :EKONISIA.
Sudjana,Nana. 2009. Penelian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Subana dkk. 2005. Statistik Pendidikan Edisi ke II. Bandung: Pustaka Setiawan
Sugiyono. 2009. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta
Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Suryosubroto. 2002. Proses belajar mengajar disekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Suyono. 2009. Model Perancangan PTK dan Penulisan Karya Ilmiah. Fakultasv Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung. Bandar Lampung
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Usman dkk, 2008. Peneletian Tindakan Kelas, Banda Aceh : Darussalam
Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press