PENGARUH PENGGUNAAN LKS DALAM MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU PADA KONSEP KEUNGGULAN LOKASI DAN KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 GANDAPURA

Authors

  • Aisyah A Rahman
  • Fera Agustina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan LKS dalam  model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep keungggulan lokasi dan kehidupan masyarakat Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Gandapura. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gandapura Kabupaten Bireuen tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah keseluruhan 75 siswa. Sampel yang diambil hanya 2 kelas yaitu kelas VIIIa dengan jumlah 24 siswa dan kelas VIIIb berjumlah 26 siswa. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05, diperoleh harga thitung 2.7281, dan harga ttabel 1.6772. apabila thitung > dari ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan LKS dalam model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS Terpadu pada kelas VIII SMP Negeri 1 Gandapura.

 

Kata kunci        : LKS, Model Discovery Learning, Hasil Belajar.

References

Sani, Ridwan, Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sadirman, S. Arief, dkk. 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta; Rajawali Press.

Senam,dkk. (2008). Efektivitas Pembelajaran Kimia untukSiswa SMA Kelas XI dengan Menggunakan LKS Kimia Berbasis Life Skill. Diakses 08 April 2018.

Sugiyono. 2010, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif

Published

2018-08-01