UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERMUATAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V MIN 49 BIREUEN

Authors

  • Muhammad Iqbal
  • Asrul Karim

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas V MIN 49 Bireuen pada pembelajaran Matematika khususnya pada materi “operasi hitung bilangan bulat†karena kurang maksimal penggunaan alat peraga atau media untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep yang disampaikan oleh guru. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media kartu bermuatan berbasis model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa, mendeskripsikan aktivitas dan respon belajar siswa kelas V MIN 49 Bireuen pada materi “operasi hitung bilangan bulat†dengan penerapan media kartu bermuatan berbasis model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan angket. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru pada siklus I mencapai 85,29%, sedangkan siklus II mencapai 94,70%. Persentase aktivitas siswa pada siklus I mencapai 86,25%,  sedangkan siklus II mencapai 95,62%. Hasil belajar siswa yang dicapai pada siklus I mencapai 53,12% dengan nilai rata-rata 61,87. Sedangkan siklus II mencapai 90,62% dengan nilai rata-rata 80,78. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan media kartu bermuatan berbasis model pembelajaran Numbered Heads Together pada materi “operasi hitung bilangan bulat†dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 49 Bireuen.

 

Kata kunci: Operasi hitung bilangan bulat, kartu bermuatan berbasis model Numbered Heads Together.

References

Arikunto, Dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.Moleong, Lexy J. 2000. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Rohayati, Ade (2011). Pengembangan Alat Peraga Bermuatan Untuk Menjelaskan Operasi Hitung Bilangan Bulat. Makalah disajikan Pada Kegiatan P2M diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI di Kabupaten Garut, 29 Oktober 2011. [Online] https://www.slideshare.net/buddakshallehahhhtea/pengembangan-alat-peraga-untuk-menjelaskan-operasi-hitung-bilangan-bulat-ade-rohayatippm

Ruswandi dan Badruddin. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV Insan Mandiri.

Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Subarinah. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Haryanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Taniredja, Dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru, Prakti, Praktis dan Mudah. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Turmudi. 2009. Taktik dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Leuser Cita Pustaka.

Published

2018-08-01