PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA DENGAN MENGGUNAKAN BLOK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT
Abstract
Perkembangan dan kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut pendidikan di indonesia agar dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Oleh karena itu, perlu di kembangkan model pembelajaran untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa, Salah satunya model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah (JUCAMA) mengunakan Blok Aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah (JUCAMA) mengunakan Blok Aljabar yang dapat meningkatkan berfikir kreatif siswa terhadap materi persamaan kuadrat di kelas VIII/2 SMP Negeri 3 Peusangan.Model Pembelajaran Pengajuan Dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) memiliki lima tahapan menyampaikan tujuan, mengorientasikan peserta didik, membimbing penyelesaiaan, menyajikan hasil, dan memeriksa pemahaman. .Kemampuan berpikir kreatif yang di ukur dalam penelitian ini yaitu berpikir lancar, berpikirluwes (fleksibel), berfikirorisinil, berpikir terperinci (elaborasi).Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII/2 SMP Negeri 3 Peusangan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 siswa.Sedangkan subjek wawancara adalah 5 siswa dengan criteria 2 siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah berdasarkan tes awal keberhasilan tes akhir tindakan siklus I hanya mencapai 62,5%. Dengan demikian tindakan belum berhasil karena < 80% siswa mendapat skor ≥ 65, suatu kriteria tindakan dikatakan berhasil apabila ≥ 80% siswa mendapat skor ≥ 65. Sedangkan tes akhir tindakan siklus II mencapai 83,33%. Dengan demikian sesuai dengan kriteria tindakan yang diberikan, maka tes akhir tindakan siklus II ini sudah berhasil. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model JUCAMA menggunakan Blok Aljabar dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa terhadap materi persamaaan kuadrat. Hal ini terlihat dari pencapaian rata-rata nilai tes akhir tindakan dan ketuntasan belajar siswa .Berdasarkan wawancara dapat dikemukakan bahwa siswa merasa sangat senang mengikuti kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan model pembelajaran JUCAMA menggunakan Blok Aljabar.
Â
Kata kunci         : Model Pembelajaran JUCAMA, Blok Aljabar, Kemampuan Berfikir Kreatif
References
Abdurahman as’ari ,mohammah tohir ,dkk .2014. matematika SMP/MTS Kelas VIII semester.jakarta : kemendikbud.
Nurul astuty yensy. 2013.penerapan active learning dengan Menggunakan “blok aljabar†untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan matematika unib pada materi Persamaan kuadrat.jurnal pendidikan matematika.JPMIPA FKIP UNIB
Pujiati. 2004. Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika.Yogyakarta :Depdiknas.
Siswono, Tatag Y. E., Ekawati, Rooselyna. 2009. Implementasi Pembelajaran Matematika Berorientasi Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik.Laporan Penelitian Strategi Nasional. Surabaya: Lembaga Penelitian Unesa .
Siswono, Tatag Y.E. 2008. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Peserta didik dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika “Matheduâ€. ISSN 1858-344X, Volume 3 Nomer 1 Januari 2008, hal. 41-52
Siswono, Tatag YES. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unipress.
Sobel, Max A. dan Maletsky, Evan M. 2003. Mengajar Matematika. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Munandar, Dr. Utami1999. Pengembangan Kreativitas Dan Anak Berbakat. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Munandar. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.
Naziatul, Emi. 2009. â€Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Dalam Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Di SMP Negeri 3 Batu†(Online) http://www.ziddu.com/download/10337034/skripsi pendidikan matematika 12.rar.html (diakses Maret 2016)