UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN TEORI BRUNER DI KELAS V SD NEGERI 4 BIREUEN

Authors

  • Fatyana Fatyana Sekolah Dasar Negeri 4 Bireuen
  • Jasmaniah Jasmaniah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim

Abstract

Bilangan bulat merupakan salah satu meteri matematika yang diajarkan di kelas V SD. Selama ini pembelajaran materi bilangan bulat masih kurang optimal dan cenderung dilakukan secara simbulik, juga guru kurang dalam penggunaan media pembelajaran materi bilangan bulat, akibatnya siswa kurang memahami materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan berakibat rendahnya hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Solusi yang peneliti tawarkan adalah mengajar materi penjumlahan dan penggunaan bilangan bulat dengan menggunakan teori Bruner, yang meliputi tiga tahap penyajian, yaitu tahap enaktif, tahap ikonik dan tahap simbolik. Diharapkan dengan pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas V SD Negeri 4 Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Bireuen yang berjumlah 24 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, observasi, wawanra dan cacatan lapangan. Data yang diperoleh diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran dengan menggunakan teori Bruner dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Bireuen pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, disamping itu pembelajaran dengan menggunakan teori Bruner dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan teori Bruner adalah positif, siswa menyatakan senang belajar materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan teori Bruner karena dengan teori Bruner siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan. 

 

Kata Kunci: hasil belajar, teori Bruner, bilangan bulat.

References

Budianingsih. Asri. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yokyakarta: Rineka Cipta.

Dahar, Ratna W.1998. Teori-Teori Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud LPTK.

Depdiknas. 2003. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk Mata Pelajaran Matematika. Jakarta.

Depdiknas. 2007. Kuriulum Tingkat Standar Pendidikan Mata Pelajaranm Matematika. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2000. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hudojo, Herman.2001. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang: IKIP Malang.

Maidiyah. E & Usman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam : Universitas Syiah Kuala.

Moleong, J, Lexy. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.

Muhsetyo Gatot.,dkk. 2004. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muhammad Ali. 2002. Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nalole, Martianti. 2004. Meningkatkan Pemahaman Konsep Dalam Membandingkan Dua Pecahan Biasa Pada Sisa Kelas III. Universitas Negeri Malang, Tidak Diterbitkan.

Ratumanan,T.G. 2004.Belajar dan Pembelajaran.IKAPI UNESA Univetsity Press.

Sanjaya, Wina, 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Pernada Media Group.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedarsono. 2007. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian Kedua: Rencana, Desain dan Implementasi. Ditjen Dikti

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suwarsono. 2002. Teori-teori Perkembangan Kognitif dan Proses Pembelajaran yang Relevan Untuk Pembelajaran Matematika. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS).

Sudjana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar . Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D: Alfabeta. Bandung

Wiraatmadja, R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published

2019-01-01